Ngosek Gunung Perangi Sampah di Gunung Merbabu

Rabu, 21 Februari 2018

Merbabu, 17-18 Februari 2018. Taman Nasional Gunung Merbabu bersama Kelompok Pecinta Alam (KPA) Pinoes melaksanakan aksi ngosek gunung dan pembenahan jalur pendakian. Ngosek dalam bahasa Indonesia berarti membersihkan. Kegiatan ini memanfaatkan/mengisi waktu penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu yang dimulai tanggal 1 sampai 28 Februari 2018 mendatang. Penutupan jalur pendakian ditujukan untuk pemulihan ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kegiatan ngosek gunung dimulai dari Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel pada pukul 07.00. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan kelompok pertama bertugas membersihkan area Pos 3 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel dan Pos 2 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas sampai di Basecamp Wekas. Sedangkan kelompok kedua bertugas membersihkan sepanjang jalan pendakian via Cuntel sampai Pos 2. Urutan rute basecamp Cuntel sampai puncak pemancar, pertigaan batas kabupaten, pos 2 Wekas dan berakhir di basecamp Wekas.

Kelompok dua juga membenahi jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel dikarenakan banyak pohon tumbang yang menutupi jalur pendakian. Jalan yang licin dan tertutup semak juga perlu dibenahi karena dapat membahayakan pendaki.  

Sampah yang terkumpul seberat 1.32 Kwintal yang terdiri dari sampah plastik, kaleng, puntung rokok, karet dan sterofoam.

Sumber : Balai TN Gunung Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini