Tamu dari China Adopsi Pohon di Desa Penyangga TN Bali Barat

Sumberklampok, 14 Februari 2018. Taman Nasional Bali Barat (TNBB) pada 14 Februari 2018 kedatangan tamu dari negara China "Mr. Qin Huan" yang menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki) dalam program Adopsi Pohon di Desa Penyangga TNBB. Qin Huan juga memberikan support dana sebesar Rp. 300.000,- yang digunakan untuk perawatan pohon dan mempercepat capaian program lainnya. 

Program Adopsi Pohon merupakan program hasil inisiasi beberapa tokoh masyarakat yang mulai mempelajari peraturan, potensi desa, kekuatan, peluang, dan permasalahan yang ada di desa Sumberklampok. Menurut salah satu tokoh masyarakat, Istiarto Ismu, pada tanggal 31 Agustus 2017, masyarakat desa Sumberklampok mulai melakukan diskusi bersama pemuda desa Sumberklampok yang tergabung dalam organisasi Ansor dan Fatayat dengan hasil komitmen bersama untuk membuat "Kedai Sawo Kecik" yang berada di bawah organisasi KTH Sawo Kecik. 

Komitmen ini mulai disebarluaskan kepada pihak terkait seperti TNBB dengan harapan masyarakat mendapat mendukung, gagasan, maupun ide dalam membangun desanya. Pendampingan petugas TNBB kepada KTH Sawo Kecik yang beranggotakan 40 orang ini dilakukan oleh petugas di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Buleleng. 

Balai TN Bali Barat juga melakukan diskusi dengan pembina kelompok Pak Jatim dan Istiarto Ismu yang pada akhir bulan Februari 2018 ini, KTH Sawo Kecik akan mendapat pendampingan dalam hal keorganisasian dan program budidaya. Pak Jatim berharap semoga kelompok ini berjalan lancar dan tidak terpengaruh hal-hal yang kurang baik dalam memandang dan memanfaatkan sumber daya hutan.

Sumberklampok merupakan satu dari enam desa/kelurahan penyangga kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kelompok Tani Hutan (KTH) Sawo Kecik, Desa Sumberklampok terbentuk dari sosialisasi peraturan tentang perhutanan sosial yang di lakukan oleh Dinas Kehutanan Propinsi Bali bersama UPT KPH Bali Utara dan RPH Sumberklampok kepada masyarakat Sumberklampok Tahun 2017.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini