Kisah Elang “Amatir”

Garut – 13 Januari 2018, Kisah Elang “Amatir” ini terjadi di salah satu kampung dari “kota dodol - Garut”, tepatnya di  Kampung Pancongan RT 4 RW 10 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut, dimana telah terjadi insiden/kecelakaan terbang dari seekor Elang brontok.

Mang ENYUH adalah orang yang menyaksikan insiden/kecelakaan terbang dari Elang”Amatir” ini, dimana menurut penuturan yang bersangkutan bahwa pada hari Selasa tanggal 13 Februari 2018 sekira jam 13.50 WIB, melihat seekor Elang brontok (Nisaetus cirrhatus) terbang dan menukik tajam akan menangkap seekor ayam kampung, namun entah kenapa elang tersebut  tiba-tiba kehilangan kendali saat menukik ke permukaan tanah untuk menangkap seekor ayam kampung, sehingga mengakibatkan Elang “Amatir” tersebut diindikasikan patah sayap dan luka di paruh sehingga tidak dapat terbang lagi dan mengalami stres.

Akhirnya Mang Enyuh, melaporkan kejadian tersebut ke Petugas Resor Telaga Bodas, selanjutnya diteruskan ke Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW V Garut. Akhirnya Elang tersebut saat ini telah diamankan oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW V Garut di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) guna mendapatkan perawatan secara intensif. Diharapkan setelah pulih, Elang ini akan dilatih menjadi elang yang “profesional” dan handal dalam berburu sehingga tidak akan terjadi insiden/kecelakaan terbang lagi.  

Sumber: Balai Besar KSDA Jawa Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini