Peresmian Conservation Response Unit (CRU) di BKSDA Aceh

Meulaboh – BKSDA Aceh telah mengoperasikan Conservation Response Unit (CRU) yang ke 7 di Alue Kuyun Kab Aceh Barat. Dengan menempatkan 4 ekor gajah jinak terlatih beserta mahoutnya dari PLG di Kab Aceh Besar. (24/10).

Peresmian CRU Alue Kuyun yang dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Barat ini bermaksud untuk mendukung penanggulangan konflik antara manusia dan gajah liar yang masih memprihatinkan di lokasi tersebut. Selama ini kawanan gajah liar sering memasuki area pemukiman penduduk dan merusak tanaman, sehingga membuat resah warga sekitar. Diketahui satwa tersebut memang memiliki wilayah jelajah yang luas dan sebagian wilayah jelajahnya itu sekarang telah berubah menjadi pertanian atau perkebunan kepala sawit, sehingga kemudian memicu konflik gajah dengan manusia. Pada sisi lain, beberapa ekor gajah ditemukan mati di Kab Aceh Barat, bahkan sebagian kehilangan gading dan mati.

Optimalisasi peran base camp dan CRU Alue Kuyun diharapkan akan memberikan perlindungan kepada manusia itu sendiri dan gajah liar tersebut dalam menjaga keseimbangan dan kelestaria alam.

                                                                        

Sumber : BKSDA Aceh

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini