Kerjasama Multipihak dengan Balai Taman Nasional Gunung Merapi Untuk Kelestarian Air

Jumat, 17 November 2017

Sleman, 17 November 2017. Resort Cangkringan Blok Plunyon, Taman Nasional Gunung Merapi pada hari ini 17 November 2017 diadakan puncak acara penanaman 1.000 bibit pohon di sekitar lokasi mata air Umbul Temanten dalam rangka kegiatan melestarikan lingkungan dan sumber air. Kegiatan ini diprakarsai oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sleman dalam program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya melalui kerjasama dengan pihak Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Daerah Istimewa Yogyakarta (FK-DAS DIY), dan Kecamatan Umbulharjo. Acara ini dilatarbelakangi oleh perlunya menjamin kelestarian sumber air dari Merapi bagi hajat hidup orang banyak sehingga PDAM Sleman selaku pihak yang memanfaatkan air dari Merapi merasa ada kewajiban moral untuk turut serta melestarikan sumber air tersebut.

Puncak acara ini dihadiri dan disambut oleh Bupati Sleman, DrsH. Sri Purnomo, M.Si. Turut hadir pada acara tersebut antara lain TNGM, PDAM Sleman, FK DAS DIY, kemudian segenap peserta undangan dari Muspida Sleman, Muspika Umbulharjo, Danramil Sleman, Polres Sleman, para wartawan dari berbagai media massa digital dan cetak.

Lokasi penamannya terletak di tiga lokasi dengan luas total 3,45 hektar dengan rincian: Plunyon seluas 0,25 hektar, Blok Watu Kemloso seluas 1,2 hektar, dan areal Kalikuning seluas 2 hektar yang semuanya berada di dalam kawasan TNGM. Penanam bibit di lapangan melibatkan para anggota Kelompok Tani Hutan binaan TNGM. Jenis bibitnya adalah jenis-jenis asli Gunung Merapi seperti Puspa (Schima wallichi), Salam (Syzygium polyanthum), dan Rasamala (Altingia excelsa) dengan jarak tanam 3x4 m2 hingga 4x4 m2.  Penanaman bibit-bibit pohon kali ini diikuti pemeliharaannya sehingga harapannya sumber air di Merapi semakin lestari.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini