Dirjen KSDAE dan Anggota DPR RI Tinjau Lokasi Kebakaran Gunung Ciremai

Senin, 25 September 2017

Kuningan, 23 September 2017 - Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno  bersama Anggota DPR RI Herman Khaeron kunjungi lokasi kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan Jawa Barat. Kunjungan ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam menangani  kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dimana kebakaran yang terjadi pada Kamis (21/9) lalu telah menghanguskan lahan kurang lebih 40 hektar.

Api yang menghanguskan lahan tersebut berhasil dipadamkan setelah 8 jam dan belum sepenuhnya dinyatakan aman. Setelah proses pemadaman kebakaran ternyata ada yang harus diwaspadai yaitu kepulan asap dan api kecil dibawah batu, ujar Darsono Petugas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

“masih ada asap, ternyata ketika kita cek ke lokasi di bawah batu itu masih ada api,” ujarnya, Sabtu (23/9).

“Di setiap titik kami temukan dan langsung dipadamkan dan kalau ada asap sekecil apapun itu juga kita padamkan. Karena, kalau tidak cepat-cepat diamankan api-api kecil itu berpotensi menimbulkan kebakaran lagi,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Anggota DPR RI Herman Khaeron sangat mengapresiasi peran serta masyarakat sekitar yang tanggap terhadap kebakaran hutan.

“Setelah berbicara dengan petugas TNGC, katanya masyarakat disini ikut membantu pemadaman api, ini kan luar biasa”, ungkapnya, saat kunjungannya ke kawasan TNGC.

Humas TNGC, Agus Yudantara mengungkapkan, api mulai membakar kawasan lereng TNGC yaitu pada hari kamis sekitar pukul 09.45 WIB dan lahan yang terbakar merupakan semak belukar. Pemadaman yang dilakukan oleh pasukan gabungan menggunakan kepyok, mesin jet, jet suter dan sebagainya. Menurutnya kawasan yang terbakar masih dekat dengan sumber air dan juga medan tidak terlalu berat.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini