Jejak Harimau Ditemukan di Areal Kebun Warga

Jumat, 03 Februari 2023

Jejak harimau yang ditemukan

Desa Batusatail, 3 Februari 2023. Tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) didampingi petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, menemukan jejak Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Rabu (1/2), pada pukul 11.43 Wib di jalan tanah di areal ladang/kebun warga setempat. Status lokasi temuan jejak adalah Hutan Produksi (HP).

Usai menemukan jejak harimau, Tim memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga sekitar untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas di kebun. Diupayakan agar segala kegiatan dilakukan secara berkelompok. Bila menemukan adanya tanda-tanda kehadiran satwa liar tersebut segera melaporkannya kepada petugas.

Temuan jejak harimau ini bermula dari adanya kegiatan pengambilan sampel daun, core kayu dan herbarium dari 20 individu pohon Shorea Leprosula serta pengambilan sampel komposit tanah di kawasan Cagar Alam (CA) Dolok Sibual-buali yang dilakukan Tim dari Institut Pertanian Bogor bersama Balai Besar KSDA Sumatera Utara dari tanggal 31 Januari s.d 2 Februari 2023. Kemudian pada Rabu, 1 Februari 2023, Fifi Gus Dwiyanti, S.Hut., M.Agr., Ph.D, dari Tim IPB dan kawan-kawan beserta Tim dari Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, saat tiba di wilayah hutan penyangga CA Dolok Sibual-buali, tepatnya  di wilayah Desa Batusatail, Kecamatan Sipirok, mendapat informasi warga bahwa di sekitar areal tersebut banyak tumbuhan meranti. Pada saat Tim menuju lokasi hamparan meranti, Tim ternyata juga menemukan dan  mendokumentasikan adanya 2 ekor Rangkong Badak yang sedang hinggap dan kemudian terbang, serta jejak harimau sumatera.

Tim memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga

Sumber : Edy Supriono, Kepala Resort CA. Dolok Sibual-buali – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini