Melestarikan Mangrove, Melestarikan Kehidupan

Selasa, 24 Januari 2023 BKSDA Jakarta

Jakarta, 21 Januari 2023 — Untuk meningkatkan kesadaran bersama tentang pentingnya pelestarian mangrove, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan Disney menanam 100 bibit mangrove dan menyelenggarakan Ngobrol Santai Konservasi (Ngonser) di Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke dengan tema “Melestarikan Mangrove, Melestarikan Kehidupan”, Sabtu (21/1). Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kampanye “Keep Our Oceans Amazing” yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pelestarian ekosistem laut dan pesisir.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan kegiatan pembersihan tumbuhan invasif dan pembibitan mangrove. Kegiatan penyadartahuan menjadi salah satu cara yang rutin dilakukan BKSDA Jakarta, YKAN, dan bersama mitra untuk meningkatkan kepedulian dan mendorong para pihak terus bersama-sama melakukan pemulihan dan perbaikan lingkungan.

“Aspek penyadartahuan amatlah penting dalam mendukung upaya pelestarian mangrove. Dengan luas 25,02 hektare, Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke, Jakarta Utara, tercatat sebagai suaka margasatwa terkecil di Indonesia. Namun, kawasan ini amat penting dalam menyangga kehidupan kota Jakarta. SM Muara Angke juga merupakan salah satu ekosistem mangrove yang masih tersisa di Jakarta, menjadi rumah bagi 8 spesies mangrove sejati. SM Muara Angke juga menjadi habitat bagi aneka fauna, seperti buaya air asin, kadal, monyet ekor panjang, ular, serta menjadi daerah penting bagi burung di Jawa,” terang Kepala BKSDA Jakarta Abdul Kodir.

Sejak 2018, BKSDA Jakarta bekerja sama dengan YKAN dan para pemangku kepentingan lainnya melalui platform Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA) untuk melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove di SM Muara Angke. Melalui platform nasional untuk pengelolaan kawasan pesisir secara terpadu dan kolaboratif ini, berbagai program penyadartahuan yang menjangkau seluruh elemen masyarakat dilakukan bersama.

“Menjadi negara kepulauan, dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan dan menopang kehidupan bagi lebih dari 60 persen penduduk Indonesia. YKAN bersama mitra mendukung Pemerintah Indonesia mengelola wilayah perairan Indonesia secara berkelanjutan termasuk mangrove. Upaya pelestarian laut dan pesisir  memerlukan kolaborasi semua pihak dan lewat bermacam medium, seperti kampanye “Keep Our Oceans Amazing” ini,” terang Direktur Pengembangan dan Pemasaran YKAN Ratih Loekito.

Kampanye “Keep Our Oceans Amazing” diluncurkan secara global pada November 2022 sebagai bentuk dukungan dari 20th Century Studios dan The Walt Disney Company dalam rangka peluncuran film Avatar: The Way of Water, sekaligus untuk mendukung upaya pelestarian ekosistem laut dan pesisir.

Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir pun dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim serta meminimalisasi dampak bencana alam, seperti tsunami, badai, dan gelombang laut. Peranan Indonesia dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara global amat besar, sehingga melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove merupakan langkah penting yang harus segera dilakukan secara bersama-sama.

Sumber: Balai KSDA Jakarta

Narahubung: Call Center Balai KSDA Jakarta 081289643727

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini