17 Ekor Aves Penyerahan BBKSDA Jawa Timur Dilepasliarkan

Senin, 03 Oktober 2022 BBKSDA Sumatera Utara

Sebagian dari aves yang diterima dari BBKSDA Jawa Timur

Aras Napal 3 Oktober 2022. Sebanyak 22 ekor satwa liar jenis Aves diterima Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dari Balai Besar KSDA Jawa Timur, pada Sabtu 24 September 2022 sekitar pukul 14.30 Wib. Adapun ke 22 ekor aves tersebut adalah Cica Daun (Cioropsis venusta) 18 ekor, Poksai Sumatera (Garullax bicolor)  2 ekor dan Poksai Berjambul (Garullax leucolophus) 2 ekor. Pada saat diterima 5 ekor diantara Cica Daun telah mati di kandang transport.

Pemeriksaan kemudian dilanjutkan oleh tenaga medis dari Pusat penyelamatan Satwa  (PPS) Sibolangit, drh. Fatimah Sari, dan setelah mendapat assessment dari tim medis akhirnya 17 ekor yang tersisa, masing-masing Cica Daun 13 ekor, Poksai Sumatera 2 ekor dan Poksai Berjambul 2 ekor dilepasliarkan di kawasan Aras Napal 242 yang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, pada Senin 26 September 2022.

Dengan pelepasliaran ini diharapkan  aves tersebut dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di habitat alaminya. Apresiasi juga disampaikan kepada Balai Besar KSDA Jawa Timur atas kerjasamanya dalam pemulangan satwa tersebut.

Kelima ekor Cica Daun yang mati di kandang transport dikubur oleh pertugas

Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. – Kepala SKW II Stabat, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini