BBKSDA Riau Pantau Terus Pergerakan Satwa Gajah Liar Dipemukiman Warga

Pekanbaru, 25 Mei 2022 - Mitigasi konflik manusia dan satwa terus dilakukan Balai Besar KSDA Riau khususnya Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I. Kali ini satwa gajah liar di Desa Rantau Baru, Kec.Pangkalan Kerinci, Kab.Pelalawan pada tanggal 17-19 Mei 2022 yang lalu.

Konflik berawal dari laporan masyarakat terkait adanya kelompok gajah liar yang memasuki dan merusak sebagian tanaman kebunnya. Koordinasi dan sosialisasi dilakukan dengan Kepala Desa dan warga sekitar agar tidak berlaku anarkis terhadap kelompok gajah tersebut serta melakukan blokade di kebun masing masing.

Dari informasi yang diperoleh, gajah liar berjumlah 3 ekor namun belum di ketahui pasti posisi terakhirnya. Koordinasi terus dilakukan untuk mengatur jadwal penggiringan namun berbekal informasi dari warga bahwa kelompok gajah sudah dua malam tidak di ketahui posisinya.

Hingga hari ketiga di lokasi, kelompok gajah tidak menunjukkan batang hidungnya dan akhirnya Tim memutuskan untuk kembali dan tetap melakukan kordinasi dan komunikasi dengan Kepala Desa Rantau Baru terkait aktifitas kelompok gajah tersebut.

[Teks : DI, Foto : Humas BBKSDARIAU | 052022]

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini