Aksi Ranger Loh Liang Gaungkan Kampanye "Zero Waste"

Labuan Bajo, Balai Taman Nasional Komodo, 22 April 2022. Resort Loh Liang Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo memperingati Hari Bumi 2022 dengan menggaungkan kampanye sampah. Rawuh Pradana (Kepala Resort Loh Liang) beserta anggotanya menyuarakan jargon “Loh Liang Bukan Tempat Sampah, Loh Liang Zero Waste” sebagai bentuk visi pengelolaan kawasan konservasi yang dilakukan petugas di tingkat resort.

Resort Loh Liang saat ini menjadi destinasi wisata alam utama bagi wisatawan yang ingin menjumpai  biawak  komodo  (Varanus komodoensis) di  alam  habitat  aslinya.  Hal  ini  tentu membuat Resort Loh Liang masuk ke dalam hampir setiap ittinerary wisata kelompok wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Meningkatnya kunjungan wisatawan dengan berbagai aktivitas yang dilakukan di dalam kawasan, seringkali membuat keindahan pesisir pantai resort ini terganggu oleh banyaknya sampah kiriman yang kerap muncul di pagi ataupun sore hari dari laut.

Mengatasi permasalahan tersebut, para jagawana Resort Loh Liang bekerja sama dengan petugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Labuan Bajo, rekan-rekan naturalist guide Koperasi Serba Usaha Taman Nasional Komodo, dan masyarakat Kampung Komodo melaksanakan giat bersih sampah di area Resort Loh Liang demi mewujudkan jargon zero waste. Giat ini diawali dengan apel bersama dimana Kepala Resort Loh Liang memberikan arahan bahwa seluruh petugas dan masyarakat yang beraktivitas di area kerja Resort Loh Liang agar bergotong royong membersihkan sampah kiriman. Aksi ini dilakukan pada pagi hari sebelum kunjungan wisatawan ke Resort Loh Liang membeludak pada siang harinya. Melihat aksi ini, beberapa wisatawan yang berkunjung pada pagi hari pun tergerak untuk ikut memungut sampah yang berada di sekitar area destinasi wisata alam ini.

Total sampah yang berhasil terkumpul mencapai 40 karung dengan bobot + 800 Kg. Sampah yang telah dikumpulkan tersebut kemudian dibawa ke Labuan Bajo oleh rekan-rekan dari Indonesian Waste Platform. Tim Indonesian Waste Platform kemudian membawa sampah tersebut dengan menggunakan kapal motor untuk selanjutnya dipilah dan diolah lebih lanjut. Organisasi Non-Profit Organization ini telah aktif membantu Balai Taman Nasional Komodo dalam mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah yang ditemukan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Indonesian Waste Platform juga aktif mengedukasi masyarakat dan berupaya keras melahirkan local champion dalam penanganan dan pengelolaan sampah.

Sampah yang sudah dikumpulkan sebagian besar merupakan sampah plastik. Resort Loh Liang berharap agar aksi bersih sampah tidak hanya dilakukan oleh petugas Balai Taman Nasional Komodo, namun juga dilakukan oleh para pelaku usaha wisata dan wisatawan. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan sampah plastik berakhir ke laut dan mencemari ekosistem lebih buruk lagi.

Kepala Resort Loh Liang percaya bahwa akar permasalahan sampah di dalam dan sekitar Taman Nasional Komodo adalah tingkat pendidikan dan kesadaran lingkungan yang rendah, sehingga perlu juga dilakukan berbagai kegiatan penyadartahuan lingkungan yang lebih masif ke sekolah- sekolah, utamanya yang ada di sekitar wilayah Kelurahan Labuan Bajo. Demi mewujudkan hal tersebut, Kepala Resort Loh Liang juga aktif bergabung dalam program pendampingan kependidikan masyarakat yang digagas oleh Balai Taman Nasional Komodo dan dikenal dengan nama ‘Ranger Goes to School’.

Resort Loh Liang berharap dengan dilaksanakannya giat bersih sampah di Resort Loh Liang bertepatan dengan Hari Bumi 2022 dan aktifnya pelaksanaan program ‘Ranger Goes to School’ oleh Balai Taman Nasional Komodo dapat meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat lebih luas lagi. Bagi wisatawan yang berkunjungan ke Resort Loh Liang, perlu diingat bahwa “Resort Loh Liang Bukan Tempat Sampah, Loh Liang Zero Waste”.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita:cPolisi Kehutanan Ahli Pertama - Rawuh Pradana, S.H. (+6281387028089)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini