BBKSDA Riau Pantau Pergerakan Gajah Liar yang Terjebak Banjir

Pekanbaru, 9 Mei 2022 - Tim Bidang KSDA Wilayah I Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau bersama anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Staf Kesbang Pol. Kab. Inhu masih melakukan pemantauan pergerakan dan pengecekan satwa liar Gajah Sumatera yang terjebak banjir di Desa Teluk Sungkai, Kec. Kuala Cenaku, Kab. Inhu, Kamis (28/4).

Kegiatan tersebut telah dilakukan dari beberapa hari sebelumnya di sekitar sungai Jari – Jari dan sungai Batang Cenaku dengan menggunakan perahu motor. Di lokasi juga ditemukan sisa makanan dan kotoran baru di sekitar pinggiran sungai Batang Cenaku. Tim kemudian melakukan pemantauan pergerakan di sekitar perbatasan kebun masyarakat dan kebun sawit milik PT SBL, disana juga ditemukan jejak dan kotoran baru serta sisa makanan berupa pohon pisang dan sawit milik warga.

Penelusuran kemudian dilanjutkan pada jejak gajah liar yang berada di jalan koridor PT. SBL dengan berjalan kaki untuk memastikan keberadaan satwa di lokasi tersebut. Satwa terpantau sering keluar pada pagi dan malam hari ke jalan koridor PT. SBL, karena sekitar lokasi keberadaan masih tergenang banjir. Tim juga berkoordinasi dengan pihak keamanan PT. SBL untuk sama-sama menjaga keberadaan satwa gajah liar sampai bisa dievakuasi.

Pihak perusahaan dilibatkan untuk melakukan penjagaan bersama pada malam hari khususnya pada malam menjelang perayaan Idul Fitri karena dikhawatirkan lokasi sekitar keberadaan satwa tersebut sepi karena sebagian karyawan libur. Saat ini, Tim tetap akan memantau dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait pergerakan gajah liar tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini