Ditemukan Lemas, Narso Laporkan Penemuan Elang Bido ke Resort Kemalang

Klaten, 18 Januari 2022. Masyarakat sisi tenggara lereng Gunung Merapi sangat mendukung upaya konservasi di sekitar kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merapi, (TNGM) antara lain dengan melaporkan keberadaan 1 ekor Elang Ular Bido (Spilornis cheela) yang ditemukan di kawasan konservasi TNGM.   Elang Ular Bido ini ditemukan dalam keadaan lemas, oleh salah seorang masyarakat bernama Narso Tukiyo, pada hari Selasa, 18 Januari 2022 jam 09.30, ketika dia merumput di Blok Deles, RPTN Kemalang. 

Dia kemudian langsung melaporkan pada petugas Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Kemalang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Boyolali Klaten, karena penemuan Elang Ular Bido ini berada di kawasan RPTN Kemalang, SPTN Wilayah II Balai TNGM.

Selanjutnya Elang Ular Bido tersebut diobservasi kesehatannya dan dibawa ke kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) D.I Yogyakarta.   Hingga saat ini, kondisi Elang Ular Bido sehat, namun belum dapat diketahui jenis kelamin dan usia Elang Ular Bido tersebut, yang kemudian untuk observasi dan perawatan lebih lanjut, dibawa ke Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder BKSDA D.I Yogyakarta.

****

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Facebook : Taman Nasional Merapi
Instagram : @btn_gn_merapi
Twitter : @btngunungmerapi
Call Center : 081327691368

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini