Translokasi Bekantan ke TWA Busuwa

Rabu, 20 Oktober 2021

Batulicin, 8 Oktober 2021. Kantor Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) menerima laporan adanya video yang beredar bahwa satwa Bekantan masuk kerumah warga di kecamatan Mentewe, Kabupaten Kotabaru, Jumat (8/10). Setelah mendapat laporan tersebut Kepala SKW III Nikmat Pasaribu SP, M.Sc, menunjuk tim Lapangan yang juga Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Busuwa Muhammad Tejar untuk mengecek ke tempat kejadian.

Tim SKW III bersama TIM KPH Kusan menuju lokasi, sesampai disana Satwa Bekantan telah di amankan oleh Bapak Bani selaku pemilik rumah. Bekantan yang masuk kerumah berjenis kelamin Jantan dan dalam keadaan sehat. Tim yang bertugas langsung mentranslokasi Bekantan tersebut ke TWA Busuwa, khususnya Pulau Suwangi, yang mana Pulau Suwangi merupakan habitat asli Bekantan. Diharapkan setelah dilepasliarkan Bekantan bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan baik.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Dr. Mahrus Aryadi menghimbau kepada Masyarakat untuk ikut membantu dan menjaga kelestarian flora dan fauna, khususnya Bekantan dimana Bekantan adalah Maskot dari Kalimantan Selatan. Apresiasi disampaikan kepada masyarakat yang aktif terlibat dalam perlindungan dan pengawetan flora dan fauna.

Sumber  : Maulinda - Staf Seksi Konservasi Wilayah III dan Muhammad Tejar - Kepala Resort TWA Pulau Burung Pulau Suwangi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini