Lubuk Baji

  • Lubuk baji dilihat dari desa Begasing

  • Sunrise dari batu bulan

  • pemandangan dilihat dari Batu bulan

Lubuk Baji secara administratif terletak di wilayah Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Secara geografis terletak pada koordinat 01013’04,9’’LS dan110000’37,2’’ BT. Sedangkan secara wilayah pengelolaan taman nasional, wilayah ini termasuk dalam pengelolaan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sukadana. Lubuk Baji adalah nama sebuah air terjun yang berada di lokasi wisata. Lubuk Baji merupakan kawasan perbukitan dengan sungai berbatu yang mengalir dari puncak. Airnyayang jernih dan pepohonan yang masih asri menjadikan daya tarik Lubuk Baji sebagai obyek wisata pegunungan. Jalur pendakian sederhana menuju air terjun Lubuk Baji sudah tersedia. Selama perjalanan wisatawan akan menikmati pemandangan alam seperti air terjun, tumbuh-tumbuhan yang menarik serta hutan yang sangat asri.Lubuk Baji berada di wilayah administrasi Kabupaten Kayong Utara. Kabupaten Kayong Utara dapat dicapai dari Jakarta dengan menggunakan pesawat dengan jalur :
Jakarta – Pontianak – Ketapang. Perjalanan dari Kabupaten Ketapang dapat dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat roda 2 atau roda 4 menuju Kabupaten Kayong Utara. Alternatif lain menuju Kabupaten Kayong Utara dengan menggunakan speedboat langsung dari Pontianak menuju Kota Sukadana. Setelah mencapai Kota Sukadana sebagai Ibukota Kabupaten Kayong Utara perjalanan menuju Lubuk Baji dapat ditempuh dengan 2 (dua) alternatif jalur yaitu :
Jalur pendek : Desa Sedahan – Dusun Segua – Air Terjun Lubuk Baji
Jalur panjang : Desa Pangkalan Buton (Simpang empat Sukadana) – Dusun Air Pauh – Air Terjun Lubuk Baji.
Untuk mencapai desa pemberangkatan terakhir dari Kota Sukadana dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dengan waktu tempuh + 30 menit. Setelah itu, untuk menuju Air Terjun Lubuk Baji dilakukan dengan berjalan kaki + 2 jam untuk jalur pendek dan + 4 jam untuk jalur panjang.

Sebarkan