Upaya Penyelamatan Kali Ketiga Satwa Dilindungi oleh Petugas Balai TN Matalawa

Selasa, 11 Mei 2021

Waingapu, 8 Mei 2021. Balai Taman Nasional  Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) melakukan pelepasliaran burung Perkici orange (Trichoglossus capistratus) di Blok Hutan Langgaliru, Resort Kambatawundut. Pelepasliaran dilakukan Agus Kusumanegara dan Eka Yanuar Pribadi selaku Pengendali Eksositem Hutan serta disaksikan petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Lewa (Kristoforus, Otniel May, Tommy, Apolos, dan Samuel). 

Sembilan ekor burung yang dilepaskan merupakan hasil sitaan 3 bulan lalu yang telah melalui proses pemulihan di kandang transit Balai TN Matalawa. Total burung hasil sitaan adalah 96 ekor dan 87 ekor diantaranya telah dilepaskan sesaat setelah dilakukan penyitaan 3 bulan lalu.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman MM mengapresiasi keberhasilan teman-teman PEH dalam upaya pemulihan kondisi burung-burung ini, sehingga burung-burung tersebut sehat dan dapat kembali hidup di habitat aslinya. Kepala Balai juga menyatakan bahwa upaya perlindungan akan terus dilakukan dari segala gangguan baik akibat perburuan, perdagangan maupun kebakaran. Diperlukan kesadaran kolektif tidak hanya dari petugas TN, melainkan juga kesadaran  masyarakat  akan pentingnya biodiversitas kunci Pulau Sumba sebagai identitas dan kebanggaan Pulau Sumba. Kepala Balai mengajak masyarakat banyak untuk sama-sama menjaga kelestarian Keanekaragaman hayati terutama jenis-jenis burung yang dilindungi yang ada di Pulau Sumba .

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Teks : Agus Kusumanegara

Photo :  Yongki D Assan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini