Road To HKAN 2021, Balai TN Meru Betiri Gelar Aksi Konservasi

Jember, 1 Maret 2021 – Sebagai wujud nyata membudayakan sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli pada konservasi alam. Taman Nasional (TN) Meru Betiri menyelenggarakan aksi penanaman 500 pohon, pelepasan 300 tukik, bersih sampah Pantai Rajegwesi di Resort Rajegwesi, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sarongan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Road to HKAN (Hari Konservasi Alam Nasional) 2021 ini, diikuti oleh Dharma Wanita Persatuan TN Meru Betiri, Masyarakat Ekowisata Rajegwesi (MER), Forses, Gerakan Pemuda Sarongan (GPS), Karang Taruna Desa Sarongan dan Kandangan.

Kepala Balai TN Meru Betiri Maman Surahman berharap melalui kegiatan ini konservasi dapat berkembang menjadi budaya bangsa “Kegiatan aksi konservasi ini untuk mendukung kegiatan Road to HKAN 2021, diharapkan masyarakat dapat menjadikan konservasi sebagai bagian sikap hidup sehari-hari agar selanjutnya berkembang menjadi budaya bangsa Indonesia,” Ujar Maman.

Kemudian, dalam upaya mencegah intrusi air laut sekaligus menambahkan barrier penghambat tsunami, dilakukan aksi penanaman pohon di sekitar bibir Pantai Rajegwesi. Mengingat pada tahun 1994, Pantai Rajegwesi pernah terkena bencana tsunami dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Wahyu Candra Kirana selaku PLT. Kepala Seksi Pengelola Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1 Sarongan, juga menambahkan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Pantai Rajegwesi. “Kebersihan Pantai Rajegwasi sebagai destinasi wisata di Banyuwangi merupakan salah satu faktor peningkatan kunjungan wisata yang akan berdampak luas bagi masyarakat pelaku wisata di Desa Sarongan,” ujarnya.

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini