Pantau Karhutla & Illegal Logging di SM Kerumutan Selatan, BBKSDA Riau Gandeng Stakeholders Terkait

Pekanbaru, 23 Februari 2021  – Resort Kerumutan Selatan Balai Besar KSDA Riau bersama Manggala Agni Daops Rengat, Bhabinkamtibmas Polres Inhu dan Kades Sungai GuntungTengah dan Kades Sungai Guntung Hilir serta anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan kegiatan patroli gabungan pengamanan dan pencegahan dini karhutla serta sosialisai di sekitar dan di dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan Selatan Wilayah Desa Sungai Guntung Tengah dan Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (22/2).

Tim melakukan diskusi persiapan di Kantor Desa Sungai Guntung Tengah untuk menentukan jalur patroli di titik-titik rawan illegal logging dan karhutla di sekitar kawasan SM Kerumutan bagian selatan yang masuk dalam wilayah Pemerintahan Desa Sungai Guntung Tengah dan Desa Sungai Guntung Hilir.

Sampai di lokasi, Tim menjumpai Manajer Lapangan PT. TSM dan melakukan sosialisasi serta menghimbau pihak perusahaan agar meningkatkan patroli pencegahan karhutla di sekitar dan di dalam konsesi perusahaan yang berbatasan dengan SM. Kerumutan Selatan. Tim juga menghimbau untuk membersihkan lokasi yang dipenuhi semak belukar, karena dapat memicu kebakaran lahan serta mengingatkan untuk membuat embung dan menutup kanal/parit agar sumber air tidak keluar dari kawasan SM Kerumutan bagian selatan serta menjaga resapan air pada areal konsesinya tetap stabil.

Patroli gabungan ditutup dengan pengecekan penutupan kanal/parit dan pembuatan embung serta pembersihan lokasi yang ditumbuhi semak belukar di perbatasan jalan konsensi milik PT. Teso Indah dengan Desa Sungai Guntung Tengah yang langsung berbatasan dengan Kawasan SM. Kerumutan Selatan dengan alat berat Exsavator milik PT. Teso Indah.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini