Mitigasi Konflik Gajah Liar oleh BBKSDA Riau dan Tim Gabungan

Senin, 25 Januari 2021

Pekanbaru, 25 Januari 2021. Mitigasi konflik Gajah Liar di Desa Rantau Baru Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan dilakukan oleh Tim gabungan Balai Besar KSDA Riau, Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Sekretaris Desa (Sekdes) Rantau Baru dan masyarakat Rantau Baru pada Jum'at, 22 Januari 2021.

Informasi yang didapat bahwa Gajah berbalik mengarah ke Desa setelah sebelumnya satwa mengarah keluar langsung membuat Tim bergerak cepat menuju lokasi keberadaan Satwa Gajah dengan menggunakan Perahu.

Untuk mempermudah pencarian, Tim dibagi menjadi beberapa kelompok. Saat dalam pencarian, Tim menemukan posisi Gajah tersebut, kemudian sebagian tim berjaga didaerah akses masuknya satwa tersebut menuju Desa Rantau Baru dengan membuat api unggun dan bunyian ledakan.

Kemudian, Tim segera melakukan penggiringan menuju jalan keluar desa. Namun tim kembali kehilangan jejak. Setelah beberapa saat Tim kembali menemukan jejak baru Gajah liar. Tim segera mengikuti jejak baru tersebut yang mengarah ke akses keluar desa. Sampai dengan pukul 22.45 WIB tim terus mengikuti jejaknya yang mengarah ke jalur keluar desa. Walaupun Tim kembali kehilangan jejak, Tim memprediksi bahwa Gajah tersebut sudah mengarah keluar desa dan sudah jauh dari Desa Rantau baru.

Tim akan tetap memantau dan memberi himbauan kepada perangkat desa agar selalu berkoordinasi terkait keberadaan Gajah liar apabila kembali masuk ke kebun warga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini