Penggiringan Gajah Sumatera oleh BBKSDA Riau dan Tim Gabungan

Pekanbaru, 22 Januari 2021 Mitigasi Konflik Satwa Gajah Sumatera di Desa Kuala Terusan, Kec. Pangkalan Kerinci, Kab. Pelalawan dilakukan oleh Tim gabungan Balai Besar KSDA Riau, Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Damkar Kab. Pelalawan, Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) dan masyarakat Desa Kuala Terusan (21/1/2021).

Beberapa kali Tim mencoba melakukan penggiringan terhadap dua Gajah liar jantan, tetapi terkendala bunyi-bunyian dari penjaga kebun yang dilewati satwa. Gajah Sumatera yang semula telah mengarah keluar, akhirnya kembali berbalik ke arah semula dan bahkan berpencar, sehingga Tim kesulitan dalam pencarian dan penggiringan.

Kendala seperti ini tak jarang terjadi di lapangan karena sulitnya berkomunikasi antar sesama penjaga kebun. Tim gabungan tidak berputus asa, berbagai strategi penggiringan coba dilakukan. Harapannya adalah Gajah liar tersebut dapat digiring ke habitatnya di Kawasan hutan Tesso Nilo.

Tim gabungan berterima kasih kepada masyarakat yang ikut bekerjasama melakukan penggiringan dan tidak anarkis terhadap satwa yang dilindungi.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini