Balai TN Meru Betiri Ajak Masyarakat Sarongan Peduli Alam dan Kesehatan

Jumat, 15 Januari 2021

Jember, 15 Januari 2020. Kondisi curah hujan yang cukup besar di awal tahun ini menjadi potensi rawan bencana di wilayah sekitar Taman Nasional (TN) Meru Betiri, terutama di areal kawasan yang terbuka. Sehingga Kamis 14 Januari 2020, Balai TN Meru Betiri mengajak masyarakat Desa Sarongan untuk melakukan penanaman pohon di Blok Dam Resort Rajegwesi sebanyak 200 pohon jenis Trembesi.

Menurut Kepala Balai TN Meru Betiri, Maman Surahman kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan kembali ekosistem sehingga tidak berdampak negatif terhadap desa peyangga di sekitar kawasan.

"Kawasan TN Meru Betiri merupakan catchment area, sehingga tanaman yang kita tanam akan menyimpan air dan berdampak positif bagi masyarakat". kata Maman.

Tidak hanya oleh Staf TN Meru Betiri kegiatan ini juga melibatkan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan TN Meru Betiri, Polsek Pesanggaran, Kelompok masyarakat binaan TN Meru Betiri seperti Masyarakat Ekowisata Rajegwesi (MER), Forum Sukamade Ecotourisme Services (Forses), Gerakan Pemuda Sarongan (GPS), Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP), dan Gerakan Masyarakat Peduli Sampah (GEMES).

Tidak hanya penanaman pohon TN Meru Betiri juga melakukan pembagian masker sebanyak 500 buah di pasar Sarongan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi ini, masyarakat kita harapkan juga memperhatikan kesehatan karena kenaikan penyebaran covid-19 masih cukup tinggi", kata Maman.

Diakhir acara Kepala Balai TN Meru Betiri juga menyerahkan secara simbolis akte notaris dan SK Kemenkumham kepada kelompok binaan GPS dan SPKP Wana Wira Sejahtera. Diharapakan kelompok ini menjadi agen-agen perubahan dalam kegiatan konservasi.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini