Ini Respon Cepat BBTN Kerinci Seblat Setelah Menerima Laporan Masyarakat

Kamis, 03 Desember 2020

Sungai Penuh, 2 Desember 2020. Salah satu tugas aparatur pemerintah adalah sebagai pelayan masyarakat, seperti menerima laporan masyarakat dan merespon langsung laporan tersebut. Sebagai salah satu bentuk respon tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah II Sumatera Barat (Ahmad Darwis) memimpin langsung beberapa kegiatan patroli untuk melakukan pengecekan terhadap informasi dari masyarakat. Kegiatan patroli tersebut melibatkan seluruh personil yang ada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Painan mulai dari Polisi Kehutanan sampai Masyarakat Mitra Polhut (MMP).

Menurut kepala BPTN Wilayah II Sumbar ”Upaya ini dilakukan untuk memastikan kondisi hutan TNKS sebagai hulu dari bebarapa sungai yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dalam kontrol pemangku wilayah, dengan terus meningkatkan patroli yang melibatkan masyarakat dan pihak terkait. Selain meningkatkan patroli sebagai langkah pencegahan, juga membentuk kemitraan dengan beberapa kelompok masyarakat yang sudah terlanjur ke dalam kawasan TNKS sehingga melalui upaya-upaya tersebut diharapkan kedepannya tidak ada lagi upaya pengrusakan kawasan TNKS".

Sebagai informasi, sebelumnya juga sudah dilakukan pengecekan di Desa/Nagari Sungai Gambir Sako Kec. Ranah IV Hulu Tapan. Pada tanggal 23-26 Nopember Kepala BPTN Wilayah II Sumbar juga telah melakukan pengecekan di Nagari Tuik Koto Gunung Kecamatan Batang Kapas. Kehadiran Kepala Bidang di lapangan memberikan energi tambahan bagi petugas dalam melaksanakan tugas di lapangan, seperti yang dituturkan salah seorang Polisi Kehutanan Ahli Pertama Hendra Yadi, S.Hut.

Kepala Balai Besar TNKS (Tamen Sitorus) melalui Kepala BPTN Wilayah II Sumbar juga meminta kepada seluruh ASN bahwa petugas itu harus di lapangan, menguasai kondisi lapangan serta bisa merespon dengan cepat setiap laporan yang masuk dari masyarakat.

Sumber :
- Rika Putra Abbas, Polhut Pelaksana Lanjutan SPTN Wilayah III Painan
- Humas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini