Dan GPS Colar Akhirnya Berhasil Terpasang Pada Gajah Liar

Kamis, 26 November 2020

Bengkulu Utara, 25 November 2020.  Sekitar Pukul 13.00 WIB tanggal 25 November 2020, Kasat Polhut Balai KSDA Bengkulu menerima kabar bahwa Tim Pemasangan GPS Collar Balai KSDA Bengkulu pada Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar di Kawasan Ekosistem Esensial Koridor Gajah Seblat, tepatnya di Hutan Produksi Air Rami Kab. Bengkulu Utara telah berhasil melakukan pemasangan 1 unit GPS Collar yang terpasang pada seekor gajah betina berusia sekitar 30 tahun. Gajah yang dipasang kalung GPS ini akan memberikan informasi titik koordinat keberadaanya dengan periode yang telah diatur setiap 6 jam sekali melalui satelit dan secara otomatis dapat dipantau dan diunduh lokasinya melalui aplikasi tracker bawaan secara online. 

Langkah ini dilakukan dengan beberapa tujuan, selain untuk dapat mengetahui lebih rinci pola pergerakan harian kelompok gajah ini dari waktu ke waktu, juga dapat menjadi sistem peringatan dini dalam upaya pencegahan dan penanggulangan konflik gajah dengan manusia. Selain itu, data pergerakan gajah ini akan menjadi informasi penting tentang pola penggunaan ruang oleh kelompok gajah ini. Sehingga upaya untuk membangun kawasan ekosistem esensial koridor gajah sumatera di lanskap seblat dapat segera terwujud.

Pemasangan GPS Collar yang sempat tertunda pada beberapa waktu yang lalu karena adanya salah seorang anggota tim (Bapak Slamet Riyanto - Polhut dan Kepala Resort TWA Air Hitam) yang gugur saat melaksanakan tugas, sehingga diputuskan pencarian dan pemasangan GPS pada gajah liar untuk ditunda terlebih dahulu. Keberhasilan ini juga merupakan salah satu bentuk penghargaan dan melanjutkan tugas tim terhadap almarhum, dimana sebelum kejadian sempat berpesan bahwa tugas yang diterima merupakan tanggung jawab dan harus diseleaikan sampai tuntas. Selamat jalan Bpk. Slamet Riyanto dedikasimu untuk konservasi kami akui dan akan kami lanjutkan.

Salam Konservasi !!!

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini