Balai TN Tesso Nilo Inventarisasi Sosial Ekonomi Di Desa Penyangga

Baserah, 25 November 2020. Petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) sambangi desa penyangga dan lakukan investarisari sosial ekonomi dan areal kemitraan konservasi pada tanggal 16-25 November 2020. Kegiatan dilaksanakan di Dusun II Desa Segati Kec. Langgam yang secara geografis berbatasan dengan Resort Tesso Situgal SPTN Wilayah II Baserah.

Kegiatan inventarisasi sosial dan ekonomi kali ini, dilaksanakan setelah sebelumnya petugas sudah menggelar sosialisasi kemitraan konservasi pemulihan ekosistem di Desa yang sama. Petugas yang terdiri dari penyuluh, polhut, dan staf tersebut melaksanakan kegiatan di dua lokasi dengan jumlah sebanyak lebih kurang 60 KK. Dalam kegiatannya, salah satunya petugas mendata fasilitas umum yang berada di Desa tersebut seperti sekolah, tempat ibadah, Tempat Pemakaman Umum, sumber air bersih dan Sumber listrik yang digunakan.

Dikatakan lagi, selain kegiatan tersebut petugas juga gelar pertemuan serta diskusi tentang program kemitraan konservasi kepada masyarakat yang menjadi sasaran. Masyarakat merespon baik mengenai program kemitraan, dan kepada masyarakat tersebut  direncakan akan dilakukan pembentukan Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK).

Menurut keterangan petugas, hasil dan data dari kegiatan ini akan dilaporkan, ditelaah dan dikembangkan lebih lanjut untuk pedoman petugas selanjutnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini