Bantuan Kepada Posko Ronda Sekitar Gunung Merapi

Senin, 23 November 2020

Sleman, 23 November 2020 - Kondisi perubahan status Gunung Merapi dari Waspada (level 2) menjadi Siaga (level 3) pada tanggal 5 November 2020 silam, mengubah beberapa kegiatan di masyarakat sekitar Gunung Merapi. Masyarakat (terutama lansia, ibu hamil, disabilitas, anak-anak) yang berada di dalam radius 5 kilometer sebagian sudah ada yang mengungsi ke tempat yang telah disiapkan.

Kemudian masyarakat pria dewasa setiap malam bergiliran berjaga di posko ronda swadaya, selain untuk mengamankan kampungnya, juga untuk berjaga-jaga jika terjadi aktivitas Gunung Merapi yang lebih tinggi.

Di lereng Gunung Merapi, terdapat sekitar 23 desa yang melaksanakan ronda swadaya masyarakat. Posko ronda ini benar-benar swadaya dan swadana masyarakat. Saat ini, belum banyak yang memikirkan posko ronda untuk mendapatkan bantuan/dukungan logistik. Oleh karena itu, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) berinisiatif menyampaikan sedikit bantuan sebagai rasa kekeluargaan, terhadap posko ronda di sekitar lereng Gunung Merapi.

BTNGM menyiapkan 134 paket bantuan, berupa kudapan dan bahan minuman, sebagai teman bertugas ronda. Keseluruhan paket bantuan ini akan disalurkan ke 23 desa di 4 Kabupaten di sekitar Gunung Merapi, yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan kepada Posko Jaga SARLINMAS Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman pada hari Senin, 23 November 2020. Selanjutnya paket bantuan lainnya akan disampaikan oleh personel BTNGM mulai malam nanti (Senin, 23 November 2020) di beberapa posko ronda yang telah didata.

 

Sumber: Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini