Bersama Javan Langur Center, BBKSDA Jatim Evakuasi Lutung yang Diduga Korban Perburuan Liar

Malang, 15 September 2020 - Tim Resort Konservasi Wilayah 22 Malang bersama Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa (Javan Langur Center / JLC) melakukan evakuasi seekor anakan Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) di Desa Desa Taman Satriyan. Kegiatan ini menindaklanjuti informasi masyarakat tentang ditemukannya seekor Lutung Jawa dalam keadaan luka sehari sebelumnya.

Dia adalah Rois Santoso, warga desa setempat yang menemukannya di sekitar hutan pada pagi harinya. Kemudian ia-pun membawa pulang dan merawat anakan Lutung tersebut.

“Waktu saya temukan kondisinya sangat lemas, saya kira malah sudah mati. Dan di bagian kepalanya ada luka seperti bekas tembakan senapan angin”, tambah Rois.

Selanjutnya Rois-pun mengunggah temuannya ke media sosial untuk meminta bantuan, apakah ada lembaga yang bisa membantu menangani satwa liar yang terluka seperti ini. Dan tak sampai satu hari berita itupun telah sampai ke petugas BBKSDA Jatim di Malang.

 Selanjutnya Lutung Jawa tersebut dievakuasi malam itu juga dan segera dibawa ke Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa di Coban Talun - Batu untuk dilakukan pemeriksaan dan rehabilitasi. Harapan Rois dan masyarakat desa di lereng Gunung Semeru tersebut agar anakan Lutung bisa selamat dan kembali lagi ke hutan.

 

Sumber: Agus Irwanto -  Balai Besar KSDA Jawa Timur

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini