Mencari lokasi ikan kawin di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Rabu, 16 September 2020 - Untuk kali pertama, Taman Nasional Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan inventarisasi area pemijahan dan identifikasi jenis ikan ekonomis (SPAgS) pada  31 agustus - 4 september 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada lokasi yang dikerjasamakan dengan kelompok masyarakat, yaitu perairan Pulau Pemagaran dan Pulau Panjang. Lokasi merupakan pengelolaan akses area perikanan (PAAP) bagi nelayan pancing Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Harapan.

 

Tujuan kegiatan untuk mengetahui titik/spot yang biasa dijadikan sebagai tempat pemijahan ikan serta jenis ikan ekonomis apa saja yang ditemukan di lokasi kegiatan. Inventarisasi SPAgS dilaksanakan selama 5 hari dengan melibatkan perwakilan kelompok nelayan. Hal ini sesuai dengan arahan Dirjen KSDAE bahwa pentingnya keterlibatan masyarakat lokal dalam menjalankan kegiatan. Dalam kegiatan yang dilaksanakan dipadukan antara scientific dan pengalaman nelayan.

  

Penyelaman dilaksanakan pada pagi (06.00-07.00 wib) dan sore (17.00-18.00 wib) di kedalaman 15-33 meter. Semoga di masa yang akan datang kegiatan serupa dapat dilaksanakan di seluruh kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

 

Sumber: Balai TN Kepulauan Seribu

Foto dan Teks: Endang Tatang Hidayat (PEH)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini