Desa Jinato Rayakan Hari Konservasi Alam Nasional Ditengah Pandemi

Desa Jinato - Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, 10 Agustus 2020. 10 Agustus merupakan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merayakan di daerah masing-masing dengan berbagai kegiatan bakti lingkungan.

Seperti Aksi Bersih Kawasan Konservasi (bersih pantai) dan Penanaman Pohon bersama Pemerintah Desa Jinato, Karang Taruna, dan Komunitas Pemuda Konservasi (KPK) Jinato yang dilaksanakan di Seksi Pengelolaaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Jinato Balai Taman Nasional Taka Bonerate. Peringatan HKAN 2020 kali ini juga dirangkaikan dengan pembukaan lomba perayaan HUT RI ke 75.

Kepala Desa Andi Sulistilawanti hadir beserta perangkat desa, Ka.SPTN Wilayah 2 Jinato Aisyah Amnur dan seluruh personil SPTN Wilayah 2, Babinsa Irfan, Ketua BPD Jinato Samad, Ketua Karang Taruna Jinato Ruspin dan para Pengajar SMP dan SD. Peringatan HKAN dan HUT RI tahun ini merupakan inisiasi dari Komunitas Pemuda desa.

"Kami ucapkan selamat Hari Konservasi Alam Nasional 2020 dan Anak-anak ku selamat berlomba, dan tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan Covid19," Ucap Andi Sulistilawanti Kepala Desa Jinato di temui usai acara pembukaan.

Semua giat ini tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19 dengan menjaga jarak dan memakai masker.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada komunitas pemuda, yaitu Komunitas Peduli Konservasi (KPK) Jinato yang sudah menginisiasi kegiatan ini," ujar Kepala SPTN Wilayah 2 Jinato, Aisyah Amnur.

Selain bersih pantai juga dilaksanakan penanaman pohon cemara laut bersama aparat desa Jinato, babinsa, Karang Taruna serta siswa dan pengajar.

"Lokasi bersih pantai berada di sepanjang pantai barat pulau Jinato dan ini dilombakan buat adik-adik Sekolah Dasar," jelas Akbar ketua Komunitas Peduli Konservasi (KPK) Jinato.

Yang mengumpulkan banyak sampah plastik akan menjadi juara satu dan berhak mendapatkan hadiah dari panitia. Sampai diakhir giat, panitia berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 203 Kg dengan waktu hanya 2 jam saja.

Berharap kegiatan ini merupakan kegiatan bersama sehingga menjadi agenda tetap di desa dan komunitas tahun berikutnya.

Sumber : Asri - PEH Seksi Pengelolaaan Taman Nasional Wilayah 2 Jinato, Balai Taman Nasional Taka Bonerate (Foto & Teks)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini