Identifikasi Struktural Populasi Pohon Tongke Hutan di SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Pekanbaru, 10 Agustus 2020 – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung melakukan penelitian berjudul “"Identifikasi struktur populasi pohon Tongke hutan (Acacia mangium) di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling" yang didampingi oleh Petugas Resort Bukit Rimbang, Balai Besar KSDA Riau pada hari Rabu (5/8) s.d. Jumat (7/8).

Pohon Tongke Hutan merupakan jenis tanaman yang dikembangkan pada Hutan Tanaman Industri yang kemudian diolah menjadi pulp ataupun kertas sejak tahun 1990an. Pohon Tongke Hutan termasuk jenis tanaman invasif yang dapat memberi ancaman pada tumbuhan lokal lainnya yang disebabkan kemampuan tumbuh dan penyebarannya yang cepat.

  

Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling merupakan salah satu kawasan konservasi yang berbatasan langsung dengan kawasan Hutan Tanaman industri yang memiliki tanaman Acacia mangium. Hal ini dapat memberikan ancaman pada keberlangsungan hidup tumbuhan lokal di dalam kawasan yang juga bermanfaat sebagai sumber pakan berbagai satwa liar di SM Bukit Rimbang Bukit Baling. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pendataan terhadap struktur populasi tanaman Tongke Hutan (Acacia mangium) di kawasan konservasi sebagai upaya menghindari tingkat invasif tanaman tersebut.

Tim mengambil sampel plot di batas dan di dalam kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling di Pematang Panjang Desa Sei Paku, Kec Singingi Hilir, Kab. Kuansing. Tim melakukan pengeplotan di areal sebaran tumbuhan Tongke Hutan dan pengukuran diameter batang pohon yang terbesar dan terkecil di tempat plot identifikasi guna untuk mengetahui usia  pohon akasia tersebut serta melakukan pengambilan beberapa sampel tanah dan bunga dari pohon yang berada di dalam plot tersebut untuk diidentifikasi lebih lanjut kondisi tanah dan perkembangannya.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini