Patroli Desa Jinato, Bentuk Alternatif Pendanaan Kolaboratif Pengamanan Tingkat Tapak

Kepulauan Selayar, 16 Juli 2020. Hari libur bukan berarti libur buat tim di lapangan. Petugas tetap menjalankan tugas menjaga kawasan. Dan kali ini melaksanakan patroli rutin bersama yang diinisiasi oleh aparat Pemerintah Desa Jinato pada minggu, 12 juli 2020 lalu.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menghalau terjadinya tindak pelanggaran ilegal dan destruktif fishing.

Sebelum bergerak, tim melakukan diskusi penentuan rute, mendatangi taka-taka yang disinyalir rawan tindak ilegal fishing dan destruktif fishing. Selain itu tim juga memeriksa kapal-kapal serta dokumen kapal yang dijumpai.

Kepala SPTN 2 jinato Aisyah Amnur berterima kasih kepada ibu kepala desa Andi Sulistilawanti atas inisiasinya melakukan patroli pengamanan di wilayahnya, dan menugaskan Sdr. Dadang Hermawan selaku Resor jinato untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Ada dua kapal yang kami temui yang berasal dari luar kawasan, dan kami sempat menghalau perahu yang hendak melakukan tindak pelanggaran ilegal fishing di Taka Salo," jelas Dadang

Tim pun melakukan pengejaran namun kapal yang digunakan lebih laju dan ukurannya kecil sehingga sulit melakukan penangkapan.

Ini adalah bentuk alternatif pendanaan kolaboratif untuk pengawasan penegakan hukum ditingkat tapak. Kolaborasi adalah kunci untuk memastikan terjaganya sumberdaya alam di dalam kawasan konservasi. Bersama-sama menjaga untuk TN Taka Bonerate tetap utuh.

Sumber Teks : Asri - PEH, Foto : Dadang Hermawan, Balai Taman Nasional Takabonerate

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini