Kangen Menikmati Suasana TNGGP ?

Sabtu, 11 Juli 2020

Sabtu, 11 Juli 2020 - Wisata dan perkemahan di Taman Nasional Gunung Gede Panggrango (TNGGP) baik untuk di wilayah Cianjur, Sukabumi, dan Bogor sudah dibuka dari tanggal 10 Juli 2020. Pembukaan ini tentunya sudah mempertimbangkan berbagai aspek dari mulai kondisi daya dukung dan tampung kawasan; kondisi update covid – 19 per zona (pintu wisata); keselamatan kawasan, pengelola, dan tentunya pengunjung; serta kebijakan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

Namun dengan dibukanya kegiatan wisata dan perkemahan ini,  tetap harus memperhatikan Protokol Perkemahan dan Wisata di kawasan TNGGP selama tatanan normal baru (new normal). Berikut protokolnya:

  1. Menggunakan masker;
  2. Mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer
  3. Menggunakan sarung tangan (jika memungkinkan);
  4. Menjaga jarak antar pengunjung;
  5. Menjaga etika batuk dan bersin;
  6. Mengisi tenda 50% dari kapasitas tenda bagi kegiatan perkemahan;
  7. Gunakan peralatan dan perlengkapan pribadi dan meminimalisir penggunaan secara bersama;
  8. Tidak melakukan vandalisme (merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan);
  9. Memenuhi kuota perkemahan dan wisata;
  10. Menjaga kebersihan di lingkungan wisata (bersih sampah); dan
  11. Sehat jasmani dan rohani.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada link https://www.instagram.com/p/CCAAIYYglIn/?igshid=1venegg2lw6nz.

 

Kondisi hari pertama pembukaan wisata dan kemah (10/07/2020), untuk lokasi Resort Cibodas: 72 orang pengunjung air terjun Cibeureum dan 2 orang pengunjung Canopy Trail; Resort Mandalawangi: 32 orang wisata harian dan 43 orang yang berkemah; dan Resort Situgunung mencapai 406 orang pengunjung (351 dewasa dan 55 anak-anak). Semua pengunjung dalam kondisi sehat, pengecekan suhu rata-rata 36,40C; tidak ditemukan pengunjung gejala batuk, demam, dan flu; serta hasil pengecekan semua pengunjung dalam kondisi aman.

Untuk yang mau mendaki ke Gunung Gede dan Pangrango harap bersabar karena masih mempersiapkan agar pendakian tetap aman, nyaman, dan sehat. Untuk Informasi Protokol Pendakian di TNGGP pada masa new normal ada pada link https://www.instagram.com/p/CCAAntfgoAg/. Informasi pembukaan pendakian akan disampaikan pada website dan media sosial TNGGP.

Jadilah “Pendaki Cerdas” jangan menjadi pendaki tanpa izin, karena ada sanksi yang akan didapat bagi pendaki tanpa izin. Informasi lebih jelasnya ada di https://www.gedepangrango.org/pembinaan-kegiatan-pendakian-terhadap-pendaki-tanpa-izin-di-taman-nasional-gunung-gede-pangrango/.

 

Sumber: Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

#SobatGePang

#ksdae

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini