Stasiun Flora Fauna Bunder Disterilisasi dengan Cairan Disinfektan

Kamis, 09 April 2020

Gunungkidul, 9 April 2020, Sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap gangguan kesehatan karena cuaca dan penyebaran virus corona, Balai KSDA Yogyakarta mensterilkan kandang-kandang satwa di Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder dan Wanagama Paksi dengan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan., Rabu (08/04).

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi, menyampaikan bahwa langkah ini sejalan dengan arahan Dirjen KSDAE sesuai surat Nomor 251/KSDAE/KKH/KSA.2/3/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang pencegahan penyebaran penyakit yang bersifat Penyakit Infeksi Baru (PIB) dan Zoonosis. “Kegiatan penyemprotan disinfektan ini bertujuan untuk memproteksi satwa-satwa hasil penyerahan masyarakat maupun hasil penyitaan dari berbagai ancaman penyakit”, tuturnya.

Selain itu fasilitas seperti Mess, Karantina dan sarana prasarana di komplek SFF, komplek Wanagama Paksi juga tak luput dari tindakan ini untuk menjaga semua staf keeper satwa dan paramedis bekerja dengan aman.

Dalam peningkatan kesehatan satwa juga diberikan obat dan vitamin untuk meningkatkan ketahanan tubuh dalam kondisi sekarang ini. Tindakan medis dipimpin langsung oleh Pengelola SFF seperti dokter hewan dan staf keeper satwa. Kegiatan pemeliharaan dan perawatan satwa seperti pemantauan perilaku dan kesehatan satwa juga dilakukan secara periodik walaupun dalam masa wabah COVID 19. Tindakan ini diharapkan masih dapat berjalan sebagaimana mestinya berusaha dengan menerapkan prinsip biosafety dan biosecurity dalam pelaksanaanya.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini