Kesigapan Dalam Mengantisipasi Kebakaran Hutan Pada Masa Wabah Pandemi Covid-19

Sabtu, 4 April 2020 - Cuaca Labuanbajo cukup panas. Sekira pukul 11.10 WITA Tim Patroli Balai TN Komodo mendapat informasi terdapat asap di sebelah utara Pink beach. Koordinasi langsung dilakukan oleh tim patroli dan Kepala Seksi Wilayah II, Balai TN Komodo. Sebanyak 70 personel terdiri dari petugas, ranger, anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP), dan masyarakat Kampung Komodo bergerak menuju lokasi melakukan pemadaman.

Pada jam 14.21 WITA tim telah berhasil memadamkan api. Namun demikian, penjagaan tetap dilakukan untuk memastikan api padam. “Pantang pulang sebelum api padam”, kata Kepala Seksi Wilayah II dalam arahannya kepada tim.

Pukul 16.02 WITA tim turun dari lokasi kebakaran, untuk beristirahat. Malam hari tim akan bergerak lagi, untuk memastikan tidak ada bara api lagi. Selanjutnya tim akan melakukan penyelidikan kenapa bisa terjadi api dalam kawasan.

Walaupun wabah pandemic Covid-19 masih melanda, serta aktifitas wisata alam di TN Komodo telah ditutup sejak 22 Maret 2020, namun para ranger dan masyarakat masih selalu waspada terhadap penjagaan kawasan. Mari kita jaga bersama Taman NAsional Komodo sebagai Warisan Dunia ini.

 

Sumber: Balai TN Komodo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini