Aksi Bersih di ODTWA Lubuk Baji TN Gunung Palung Memperingati “Hari Peduli Sampah Nasional”

Selasa, 25 Februari 2020

Sukadana, 25 Februari 2020 – Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) melaksanakan kegiatan aksi bersih di Objek Daya Tarik Wisata Alam Lubuk Baji, Sabtu 22 Februari 2020. Aksi bersih ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan “Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)” yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. HPSN tahun ini diperingati dengan tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”. ODTWA Lubuk Baji dipilih sebagai lokasi aksi bersih sesuai dengan arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar kegiatan HPSN dilaksanakan di lokasi destinasi wisata.

Dalam pelaksanaannya, Balai TANAGUPA turut mengajak relawan pecinta alam “Rebonk” Sukadana. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai berjalan dengan lancar. Peserta antusias dalam melakukan kegiatan pembersihan objek wisata Lubuk Baji dan berhasil mengumpulkan 18,2 kg sampah. Sampah selanjutnya dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Jumlah sampah organik yang berhasil dikumpulkan adalah 2.5 kg, sedangkan sampah anorganik berjumlah 15,7 kg (plastik kemasan: 8,3 kg; botol plastik: 2,5 kg; botol kaca: 1,7 kg; kaleng: 2,2 kg; kertas: 1 kg).

ODTWA Lubuk Baji merupakan tujuan wisata populer di Kawasan TANAGUPA. Letaknya yang relatif dekat dengan Ibukota Kab. Kayong Utara, panorama yang indah, air terjun, adanya populasi Orangutan dan satwa lainnya serta topografi yang tidak terlalu curam membuat ODTWA ini ramai dikunjungi wisatawan. Tercatat di tahun 2019 sebanyak 1144 wisatawan nusantara dan 116 wisatawan mancanegara mengunjungi Lubuk Baji. Namun demikian beberapa oknum wisatawan yang belum peduli lingkungan masih meninggalkan sampah (terutama plastik) di sekitar jalur pendakian dan Camp Lubuk Baji. Untuk itu kegiatan aksi bersih ini dilakukan agar ODTWA Lubuk Baji bebas dari sampah sekaligus menggugah kepedulian para wisatawan.

Ari Wibawanto, Kepala Balai TANAGUPA mengucapkan terimakasih kepada Rebonk Sukadana dan semua pihak yang telah membantu kegiatan aksi bersih di ODTWA Lubuk Baji. Beliau berpesan “ Semoga kegiatan aksi bersih ini dapat mendorong budaya bersih di tengah masyarakat, sekaligus meningkatkan nilai jual dan kunjungan wisatawan ke Lubuk Baji sehingga dapat mendukung pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat”.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Palung

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini