Petugas Resort Balai Besar KSDA Riau Kembali Beraksi

Kamis, 20 Februari 2020

Pekanbaru,18 Februari 2020, Resort Pekan Heran melakukan patroli rutin pengamanan kawasan. Dipimpin langsung Kepala Resort, bapak Zulkifli Tim bergerak cepat berdasarkan informasi masyarakat.

Diawali dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan SM. Kerumutan Selatan, Desa Rantau Bakung, Kec. Rengat Barat, agar tidak melakukan penebangan liar dan pembukaan lahan di sekitar dan di dalam kawasan SM. Kerumutan. Kemudian Tim bergerak melakukan Patroli di sekitar dan di dalam kawasan SM. Kerumutan Selatan, Desa Sei Guntung, Kec. Rengat. Tim menemukan dua pondok (Camp) dan dua unit sepeda rakitan sebagai alat pengangkut kayu olahan chine saw,. Tim meyakini bahwa pondok tersebut adalah milik pelaku illegal loging.

Tim segera membongkar dan memusnahkan barang temuan berupa dua unit pondok dan dua unit sepeda rakitan. Pemusnahan dilakukan dengan jalan membakar barang temuan.

Tim melanjutkan penyisiran jaringan jalan sarad/ongkak yang digunakan untuk mengeluarkan kayu olahan dasar, namun setelah Tim berjalan masuk ke dalam kawasan hutan +/- 1,5 km, Tim tidak menemukan tanda-tanda berupa tunggak ataupun bekas penebangan. Tim tidak menemukan pemilik pondok ataupun sepeda yang ditemukan di pinggir kanal. Tim menduga pelaku illegal loging tersebut baru akan memulai aktivitas illegal di dalam kawasan SM Kerumutan Selatan karena kondisi jalan sarad/ongkak masih baru dibuat/dikerjakan.

Tim akan berupaya melakukan kegiatan lanjutan, berupa patroli bersama untuk melakukan pencegahan illegal loging dan penertiban dan kontrol secara rutin terhadap lahan bekas terbakar yang mulai dipancang masyarakat.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini