Kawal 3 Individu Orangutan Temukan Rumah Baru di TN Bukit Baka Bukit Raya

Katingan, 17 Januari 2020  - Mengawali Tahun 2020, Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya kedatangan 3 (tiga) penghuni baru, yakni 1 jantan (Chio) dan 2 betina (Rizky dan Mia) yang usianya berkisar antara 13-18 tahun, ke-3 individu di lepasliarkan pada titik yang telah ditentukan di sekitar Resort Tumbang Hiran Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kasongan, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

Perjalanan ditempuh melalui darat dan sungai, tim berangkat pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 18.00 WIB dari Nyaru Menteng, dan tiba saat dini hari di Desa Tumbang Malawan jam 01.00 WIB, tim kemudian beristirahat guna memulihkan stamina untuk perjalanan selanjutnya, dalam perjalanan darat ini tim beberapa kali berhenti untuk melakukan pemeriksaan kondisi orangutan. Tanggal 16 Januari 2020, hujan mengguyur deras sejak pagi hari, tim baru bisa berangkat melanjutkan perjalanan pada jam 09.30 WIB, melalui perjalanan air dengan menggunakan klotok tim menuju lokasi pelepasliaran dan tiba pada jam 13.27 WIB, dengan bergabungnya 3 individu ini, total sudah 39 individu yang dilepasliarkan di lokasi pelepasliaran Sungai Hiran.

Agung Nugroho, S.Si., M.A., Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya,  menambahkan, “Kami di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya berkomitmen penuh menjaga keamanan orangutan hasil rehabilitasi yang dilepasliarkan di sini. Hutan di taman nasional ini sanggup menampung para orangutan untuk hidup liar dan bebas, terlindungi, dan berkesempatan untuk berkembang biak.

“Pemanfaatan DAS Hiran untuk pelepasliaran orangutan sejak tahun lalu adalah upaya untuk menjaga persebaran orangutan rehabilitasi yang dilepasliarkan. Upaya ini telah membantu orangutan berkembang biak dengan baik, dengan tercatat 2 kelahiran alami di sini. Ini tentu kabar menggembirakan bagi keberadaan orangutan kalimantan yang saat ini berstatus ‘sangat terancam punah’. Kita wajib menjaga mereka untuk tak hanya bertahan, namun juga hidup sejahtera.”

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan monitoring atau pengamatan tingkah laku Orangutan setelah dilepasliarkan. Hasil pengamatan selanjutnya dilakukan evaluasi pada malam hari untuk mengetahui perkembangan orangutan setelah dilepasliarkan. Semoga para penghuni baru ini menjadi penjelajah yang handal dan menjadi orangutan sejati di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Kegiatan pelepasliaran ini merupakan kerjasama antara balai TN Bukit Baka Bukit Raya, Balai KSDA Kalimantan Tengah dan Yayasan BOS.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Firasadi Nursub’i, S.Hut. (Kepala SPTN Wilayah II Kasongan)

Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Contact Person           :    Dudy Kurniawan

Call Centre                   :    082158564609

e-mail                           :    bukitbakabukitraya@gmail.com

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini