Jelang Akhir Tahun 2019, Seekor Penyu Belimbing Mendarat di Rantau Sialang TN Gunung Leuser

Aceh Selatan,  5 Desember 2019 - Rantau Sialang sebagai salah satu kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di Kabupaten Aceh Selatan kedatangan tamu istimewa. Keuletan petugas dalam menjalankan tugas dan fungsinya dari malam pukul 22.00 Wib hingga subuh dini hari tadi pukul 04.05 tanggal 5 Desember 2019 berhasil menemukan satu individu Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang sedang mendarat untuk bertelur.

Penyu dengan kerapas berbentuk buah belimbing tersebut memiliki panjang lengkung 161 cm dan lebar lengkung kerapas 114 cm serta lebar jejaknya mancapai 175 cm ditemukan petugas saat melakukan penyisiran pantai di sekitaran tugu masuk TNGL yang berbatasan dengan Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan. Sebanyak 91 butir telur berhasil di relokasi petugas ke bak penampungan dari sarang alami.

Relokasi dilakukan mengingat lokasi peneluran rawan terhadap ancaman perburuan telur karena berada di sekitar kawasan pemukiman Desa Pasie Lembang. Proses relokasi telur ke bak penetasan selesai dilakukan pada pukul 05.45 WIB. Telur ini diasumsikan akan menetas pada tanggal 27 Januari 2020 (masa inkubasi 63 hari).

Dalam pelaksanaannya, tim patroli malam dibagi menjadi 2 tim. Tim I dengan ketua Tim  S. Tanjung melakukan penyisiran pantai di sekitaran Tugu Masuk TNGL yang berbatasan dengan Desa Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan sedangkan tim II dengan ketua Tantanis memulai penyisiran pantai di sekitaran Tugu Masuk TNGL yang berbatasan dengan Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan.

Mendapat informasi dari Tim II menemukan penyu belimbing yang mendarat Tim I ikut bergabung ke lokasi peneluran setelah diinformasikan oleh Tim II untuk membantu proses relokasi telur penyu belimbing tersebut.

Satwa langka ini menjadi temuan perdana bagi petugas Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang pada bulan Desember 2019. Diharapkan akan ada lagi penyu-penyu lainnya yang mendarat dan bertelur di Pantai Rantau Sialang.

 

Sumber: Balai Besar TN Gunung Leuser

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini