Jejak Promosi Ekowisata TaNa Bentarum di Jepang

Tokyo, 2 – 3 Desember 2019. Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (Tana Bentarum) berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri kegiatan Workshop Promosi dan Investasi Ekowisata. Workshop ini dihadiri langsung oleh Kepala Balai Besar Tana Bentarum yang sekaligus menjadi salah satu Presenter pada Workshop yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo bekerjasama dengan Japan-Asean Centre, Tokyo. Kegiatan ini juga didukung oleh Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) Tokyo dan Perwakilan Promosi Wisata Kementerian Pariwisata di Jepang. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari di dua kota yaitu di Tokyo pada tanggal 2 Desember 2019 di Japan Asean Center dan di Nagoya pada tanggal 3 Desember 2019 di Winc Aichi Building.

Salah satu yang melatar belakangi kegiatan ini yaitu Industri ekowisata yang berpotensi untuk memberikan dampak positif yang menguntungkan bagi lingkungan melalui upaya - upaya perlindungan dan konservasi lingkungan dengan pariwisata sebagai sumber untuk membiayai upaya perlindungan sumberdaya lingkungan dan meningkatkan nilai ekonomi sumberdaya atau lingkungan, sekaligus pemberdayaannya dalam bidang sosial dan budaya masyarakat yang ada disekitarnya.

Bapak Herry Subagiadi selaku Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE menyampaikan Keynote Speech dengan Judul Review Tourism and Business Relations of Japanese Visitors In Indonesia's Ecotourism. Beberapa Narasumber lainnya juga turut menyuarakan ekowisata andalan diantaranya adalah Rakhmat Yulianto (Director of Indonesia Investment Promotion Centre, Tokyo), Ms. Naomi Takahashi (Deputy Director of Marketing for Japan Area, Kemenpar RI), Mr. Shu Ogino (Expert Officer fo Promoting Ecotourism Visitor Use Promotion Office, National Park Divisions Nature Conservasion Bureau, Ministry of the Environment of Japan) dan Dr. Hariyadi Budi (Ecotourism BusinessPtactitioner and Chief of Japan HR Research Center, University of Indonesia).

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai destinasi pariwisata berbasis ekologi khususnya pada kawasan Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, mengembangkan kerjasama bisnis ke bisnis dan agen-agen pariwisata di Jepang dalam mempromosikan kekayaan sumberdaya alam Indonesia dan konservasi ekosistem serta memberikan kesempatan bagi pemegang ijin ekowisata untuk berbagi informasi dan melakukan pemasaran untuk mempromosikan investasi pengelolaan kawasan ekowisata.

Dengan adanya workshop ini, Ir. Arief Mahmud M.Si selaku Kepala Balai Besar Tana Bentarum berharap Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum akan makin dikenal oleh masayarakat Jepang dan diharapkan juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. (2/12)

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini