Studi Banding Balai TN Bali Barat ke Balai TN Kelimutu

Jumat, 22 November 2019

Ende, 21 November 2019. Taman Nasional Kelimutu kedatangan tamu rombongan dari Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) untuk melakukan bench marking (studi banding) pengelolaan data informasi Sistem Alir Informasi dan Sitroom dalam Jaringan dan Aplikasi (SAORIA) Balai Taman Nasional Kelimutu dan Pemberdayaan masyarakat serta bioprospecting di TN Kelimutu pada hari rabu, 20 November 2019 silam. Acara diawali dengan paparan dan diskusi di aula kantor Balai TN Kelimutu, Ende dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha bersama tim Balai dan Resort TN Kelimutu. Selanjutnya rombongan bertolak ke Danau Kelimutu, Resort Nduaria dan juga ke Kampung Adat Wologai sebagai objek wisata budaya TN Kelimutu.

Rombongan Balai TN Bali Barat yang dipimpin Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Balai Barat akan berada di Ende selama dua hari (20-21/11). Dalam kunjungan ini, rombongan Balai TN Bali Barat mempelajari pengelolaan jaringan CCTV dan Wifi di Balai TN Kelimutu dalam rangka pengelolaan tiketting, pemantauan pengunjung dan publikasi TN Kelimutu serta komunikasi petugas. Di Resort Nduaria, TN Bali Barat mendapatkan informasi mengenai bioprospecting terkait pembuatan pupuk cair dan pestisida organik dengan memanfaatkan gulma IAS Kirinyuh dalam rangka pemberdayaan masyarakat di beberapa desa penyangga TN Kelimutu.

Menurut ketua Tim Balai TNBB banyak ide yang di dapat dari kunjungan ini yang dapat diterapkan di TN Bali Barat. Semoga dengan kunjungan benchmarking pengelolaan kawasan yang pertama ke Kelimutu ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan kedua pihak dan KLHK secara umum.

Sumber: Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini