Kunjungan Kepala BRG, Walikota Dumai Dan Kababes KSDA Riau Di TWA Sungai Dumai

Pekanbaru, 9 Oktober 2019. Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai mendapat kunjungan istimewa. Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Walikota Dumai di dampingi Kepala Balai Besar KSDA Riau meninjau beberapa kegiatan BRG di TWA Sungai Dumai. Kegiatan yang ditinjau diantaranya reweting dengan pembangunan sekat kanal, revegetasi dengan penanaman tanaman kehutanan dan kehidupan, serta revitalisasi berupa budidaya lebah madu kelulut.

Kegiatan BRG di kawasan konservasi TWA Sungai Dumai dimulai pada tahun 2018 dan telah memberikan dampak yang sangat positif dalam pengelolaan kawasan. Diantaranya adalah penurunan luasan kebakaran, dukungan masyarakat terhadap pengelolaan kawasan, terkuasainya kembali areal perambahan dan adanya aktivitas ekonomi alternatif guna menambah pendapatan masyarakat sekitar kawasan.

Saat ini di TWA Sungai Dumai terbentuk 2 kelompok tani hutan yang beranggotakan 30 orang aktif dalam kegiatan pemulihan ekosistem melalui kegiatan revegetasi, reweting dan revitalisasi tersebut. Pola kerja bersama antara Balai Besar KSDA Riau dengan berbagai mitra akan terus dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini