Selamat Datang Bapak Presiden RI di Danau Habema, Kawasan Taman Nasional Lorentz

Wamena, Rabu (10/05/2017). Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara melakukan kunjungan di Jayawijaya untuk ketiga kalinya, yang pada kunjungan kali ini Presiden datang ke Danau Habema dalam Kawasan Taman Nasional Lorentz. Kunjungan tersebut untuk melakukan peninjauan pembangunan jalan trans Papua ruas Wamena – Habema – Kenyam – Mumugu. Pembangunan Jalan Wamena – Habema – Mumugu yang melintasi menggunakan kawasan TN Lorentz telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehutanan berdasarkan surat Nomor : S. 258/Menhut-IV/2012 tanggal 11 Juni 2012.

Dalam kunjungannya, Presiden melakukan peninjauan melalui jalan darat menggunakan mobil dilanjutkan dengan motor trail hingga ke Danau Habema. Dalam kunjungan ini Presiden didampingi oleh Menteri PUPR, Panglima TNI, Bupati Jayawijaya, Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua, Kapolres Jayawijaya, Dandim Jayawijaya, Kepala Balai Taman Nasional Lorentz dan rombongan lainnya. Bapak Presiden sempat berswafoto dengan latar belakang keindahan panorama alam Danau Habema dan gugusan Pegunungan Jayawijaya. Danau Habema sendiri merupakan salah satu ikon pengembangan pariwisata alam kawasan Taman Nasional Lorentz.

Ruas jalan Wamena – Habema – Kenyam – Mumugu sepanjang 284,3 km dari ruas panjang jalan ini yang melintasi Kawasan Taman Nasional Lorentz adalah 178 km. Jalan dari Habema – Kenyam merupakan bagian dari ruas jalan trans Papua yang menghubungkan daerah Pegunungan Tengah Papua menuju Papua bagian Pantai Selatan. Diharapkan jalan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pegunungan tengah Papua yang selama ini kehidupannya bergantung pada transportasi udara yang menyebabkan tingkat kemahalan harga barang yang tinggi dan aksesibilitas yang sulit.

Selain melakukan peninjauan pembangunan jalan Wamena – Habema – Kenyam Mumugu, Presiden Joko Widodo juga membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Pemberian makanan tambahan dan program keluarga harapan di halaman kantor Bupati Jayawijaya. Setelah itu Presiden dan rombongan dari Jakarta berangkat dari Bandara Wamena menuju Timika dan selanjutnya kembali ke Jakarta.



Sumber Info : Ibnu Aromi (Balai Taman Nasional Lorentz)

Foto oleh : Fredy Parabang, S.Hut. Set Isak A. Bonai.

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini