Penanaman Bibit Mangrove pada Festifal Barata Kahedupa

Kaledupa Selatan - Rabu, 18 September 2019.  Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah II Kaledupa, Balai Taman Nasional Wakatobi telah melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove dalam rangkaian kegiatan Festifal Barata Kahedupa. Penanaman ini dilaksanakan oleh seluruh personil Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa bersama dengan Wakil Bupati Wakatobi dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Wakatobi yaitu Kepala Badan Lingkungan Hidup Wakatobi, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Camat Kaledupa Selatan, Camat Kaledupa, UPTD Kecamatan Kaledupa Selatan, Sara Barata Kahedupa, Siswa Siswi Tingkat SMA, Tingkat SMP dan Tingkat SD Kaledupa Selatan serta tokoh masyarakat Kaledupa Selatan. Lokasi pelaksanaan penanaman dipusatkan di Desa Sandi, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi. Lokasi penanaman berada padi titik koordinat -5.54215, 123.79550.

Penanaman  mangrove  dilakukan dengan jarak tanam 1 m x 1 m, jenis bibit mangrove yang ditanam yaitu Bruguiera gymnorhiza. Secara keseluruhan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1000 (seribu) bibit, dengan  luas lokasi penanaman ± 0,5 Ha. Upaya melestarikan kawasan mangrove melalui kegiatan penanaman merupakan bagian dari aksi nyata penyelamatan sumber daya alam dan ekosistemnya. Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, S.E., M.Si. mengatakan kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan dalam rangkaian festival Barata Kahedupa tidak boleh berhenti tetapi terus dilanjutkan oleh siapapun yang merasa anak wakatobi yang cinta akan konservasi sehingga ekosistem di wakatobi tetap terjaga.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman, S.Hut., M.Sc. mengatakan kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan untuk pemulihan kawasan mangrove yang terdegradasi sehingga dapat berfungsi kembali, salah satunya dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Manfaatnya yaitu nantinya akan menjadi habitat mikro organisme atau planton yang juga sumber pakan bagi kehidupan di laut seperti ikan, udang, kepiting dan lain lain. Bahwa kedepan kegiatan pemulihan ekosistem mangrove akan terus dilakukan melalui program rehabilitasi dan sosialisasi/ penyuluhan kepada masyarakat.

Kepala Seksi PTN Wilayah II Kaledupa, La Fasa, S.Sos., M.H. mengatakan kegiatan penanaman mangrove kali ini dalam rangka rehabilitasi dan mensukseskan festival barata kahedupa. Yang terpenting dalam kegiatan ini adalah program edukasi masyarakat sehingga ekosistem mangrove di wakatobi khususnya kaledupa tetap lestari dan dapat bermanfaat untuk pembangunan ke depan. Terima kasih kepada Wakil Bupati Wakatobi, stakeholder serta semua masyarakat yang terlibat dan mendukungan kegiatan penanaman ini. 

Sumber : Ajufin - Polhut Pelaksana Lanjutan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa Balai Taman Nasional Wakatobi

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini