Giat Patroli Pencegahan, Antisipasi Karhutla di TN Bali Barat

Gilimanuk, 11 September 2019. Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berada di sisi Barat pulau Bali, memiliki keterwakilan berbagai tipe hutan yang kaya akan potensi keanekaragaman hayati, salah satunya hutan musim dan hutan savanna yang termasuk ke dalam kawasan rawan kebakaran, hampir selalu ada kejadian kebakaran hutan (karhut) setiap tahunnya di tipe hutan ini.

Saat musim kemarau, seperti saat ini kawasan TN. Bali Barat belum di datangi hujan, juga terbatasnya sumber air menyebabkan vegetasi pada hutan musim dan savanna mengalami kekeringan dan menggugurkan daunnya sehingga potensi bahan bakar di dalam hutan menjadi bertambah.

Dengan kondisi demikian, Kepala Balai TN Bali Barat Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si, mengarahkan untk pengisian bak Bak minum satwa di kawasan serta patroli pencegahan dan peningkatan kesiapsiagaan terhadap kebakaran Hutan. Seperti pada tanggal 11 September 2019, Anggota Brigdalkarhut TN Bali Barat bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan patroli pencegahan kebakaran di kawasan hutan Pahlengkong yang merupakan salah satu lokasi rawan kebakaran hutan.

Tujuan pelaksanaan patroli kebakaran hutan yaituMelakukan antisipasi deteksi dini pada areal rawan kebakaran; Melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini; Membina masyarakat peduli api dan anggota Brigdalkarhut untuk melakukan patroli mandiri di lingkungannya masing – masing; Melibatkan peran serta dari berbagai pihak dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan Mengumpulkan informasi potensi sumber daya alam dan ekosistemnya.

Pendekatan secara berkelanjutan dan intensif juga merupakan langkah efektif dalam mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan mencegah kebarakan hutan dan lahan. Upaya lain dengan meningkatkan sinergi para pihak di tingkat tapak yang melibatkan TNI, Polri, MPA dan Brigdalkarhut menjadi salah satu kekuatan keberhasilan dalam upaya mencegah kebakaran hutan di kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini