BKSDA Yogyakarta Gandeng Mitra Atasi Gangguan Monyet di Banaran

Jumat, 23 Agustus 2019

Yogyakarta 22 Agustus 2019 - BKSDA Yogyakarta bersama-sama dengan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) menindaklanjuti aduan masyarakat terkait gangguan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Banaran, Kulonprogo. Pada hari Senin (19/8/19) anggota SAR Pantai Trisik, Marsudi menginformasikan tentang adanya gangguan satwa di Dusun Sawahan, Desa Banaran yang membuat warga resah.

Menindaklanjuti informasi dari masyarakat tersebut, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi segera menugaskan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, untuk berkoordinasi dengan pihak terkait mengatasi permasalahan tersebut. “Laporan gangguan monyet ekor panjang harus segera ditindaklanjuti, masyarakat sudah mulai resah dengan monyet tersebut, segera lakukan tindakan antisipatif jangan sampai masyarakat melakukan tindakan yang berlawanan dengan animal welfare terhadap satwa ini.” tutur M. Wahyudi.

Personil BKSDA Yogyakarta bersama mitra GL Zoo segera terjun ke lapangan (21/8/19) untuk melihat langsung kondisi di lapangan. Dari hasil koordinasi dengan tokoh masyarakat setempat diperoleh informasi kejadian gangguan satwa monyet ekor panjang ini merupakan yang pertama terjadi di Banaran, sebelumnya belum pernah ada kejadian serupa.

Bersama-sama personil BKSDA Yogyakarta, GL Zoo, Bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat setempat melakukan penyisiran di sekitar Dusun Sawahan, tetapi tidak dijumpai monyet ekor panjang yang mengganggu masyarakat tersebut. Meskipun demikian, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, diperbolehkan untuk melakukan penangkapan namun diminta untuk tidak membunuh monyet tersebut  dan segera melaporkan kepada petugas jika monyet yang meresahkan tersebut muncul lagi.

 

Sumber : Purwanto (Polhut) - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini