Bersama Masyarakat, Balai Besar TaNa Bentarum Sigap Jaga Hutan dan Lahan dari Kebakaran

Putussibau, 20 Agustus 2019. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) membuka kegiatan penyegaran Masyarakat Peduli Api (MPA) Lingkup Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kedamin yang bertempat di Hotel Merpati Putussibau. Peserta kegiatan ini berasal dari 3 desa yang berada di dalam dan sekitar kawasan Taman Nasional Betung Kerihun yaitu Desa Bungan Jaya dan Tanjung Lokang yang berada di dalam kawasan, serta Desa Datah Diaan yang berada di luar kawasan.

Pelatihan diawali dengan sambutan dari PASI OPS KODIM 1206 Putussibau, Kapolsek Putussibau Selatan, perwakilan FIP ADB BBTNBKDS dan perwakilan Manggala Agni DAOPS Sintang. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala BPTN Wilayah II Kedamin (Bapak Fery A.M. Liuw) dengan penyematan tanda peserta kepada salah seorang perwakilan peserta.

Rangkaian kegiatan akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 20 s/d 22 Agustus 2019. Sebagai materi awal, peserta dikenalkan tentang bagaimana sejarah dan struktur Masyarakat Peduli Api. Selama 2 (dua) hari kedepan masyarakat akan menerima materi tentang Dasar-dasar Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dan Peranan MPA dalam Dalkarhut (Pengendalian Kebakaran Hutan). Selain itu, masyarakat juga akan melakukan simulasi pemadaman api yang akan dipandu langsung oleh narasumber.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyegar wawasan masyarakat, sekaligus meningkatkan keterampilan dan kesigapan dalam upaya penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini