Sosialisasi dan Penyerahan Bantuan Mesin Pompa di Desa Sebangau Jaya dan Desa Sungai Kaki

Selasa, 20 Agustus 2019

Kasongan, 15 Agustus 2019 - Kebakaran hutan dan lahan masih menjadi momok bagi kelestarian hutan di Taman Nasional Sebangau (TNS). Melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III, TNS bersama WWF-Indonesia Sebangau Katingan Landscape melakukan kegiatan penyuluhan pencegahan serta bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ke Desa Sebangau Jaya dan Desa Sungai Kaki yang merupakan desa penyangga kawasan TNS. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mencegah terjadinya karhutla di kawasan TNS. Sosialisasi yang dilakukan  dihadiri oleh Camat Kecamatan Katingan Kuala, H. Surianto, SE., Kapolsek Katingan Kuala, Danramil Katingan Kuala, serta Kepala Desa Sungai Kaki, Kepala Desa Sebangau Kuala, masyarakat Desa Sungai Kaki dan Desa Sebangau Jaya, serta kelompok masyarakat yang terlibat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (MPA). Selain itu kegiatan ini juga melibatkan pihak perusahaan swasta yang beroperasi di Kecamatan Katingan Kuala melalui program CSR.

Penyuluhan yang dilakukan melalui tatap muka dengan warga maupun kelompok masyarakat desa-desa penyangga kawasan TNS selain untuk memberikan pengetahuan mengenai pencegahan karhutla, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar kawasan sehingga upaya dalam pencegahan karhutla menjadi lebih efektif dan efisien. Selain dengan pola tatap muka, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla juga dilakukan dengan pemasangan berbagai jenis peraga sosialisasi berupa papan himbauan serta spanduk berisi larangan-larangan melakukan kegiatan yang rawan menyebabkan kebakaran hutan serta mengolah lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara dibakar.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan WWF-Indonesia Sebangau Katingan Landscape untuk pencegahan karhutla. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Resort Mendawai kepada Kepala Desa Sungai Kaki dan Sebangau Jaya masing-masing berupa 2 unit mesin pompa air ukuran besar, 1 unit mesin pompa air ukuran kecil, 2 buah selang penghisap, 8 buah selang pelempar ukuran 2,5 inch, 5 buah nozzle 2,5 inch, 2 set kunci, 1 buah tutup penghisap, 16 roll selang ukuran 1,5 inch. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan TNS terutama desa-desa yang berbatasan langsung dengan Kawasan TNS.

 

Sumber: Teguh W.N  & Selvia M.O - Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini