Foto Serangga Resort Akejawi, Juara Fotografi Satwa Liar

Sofifi, 18 Agustus 2019. Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional dan menyambut kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mengadakan lomba fotografi satwa liar tingkat pelajar menggunakan kamera telepon genggam. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi kegiatan lanjutan dari kegiatan Seminar Pelatihan Fotografi Satwa Liar yang diadakan oleh Ake Jawi Birdwatcher Community (AJBC) bulan lalu.

“Ini (lomba fotografi), merupakan kelanjutan dari kegiatan seminar pelatihan fotografi bulan lau”, kata David, Ketua AJBC.

Kegiatan yang di gagas oleh Resort Ake Jawi yang didukung oleh AJBC, PT Antam Tbk dan Burung Indonesia ini diikuti oleh siswa SMP 10 Wasile dan siswa SMK N 2 Halmahera Timur dengan jumlah peserta sebanyak 53 siswa. Sebelum kegiatan di mulai, para peserta terlebih dahulu diberikan pengenalan tentang taman nasional, etika fotografi satwa liar dan beberapa trik teknik foto satwa menggunakan HP oleh petugas Resort. Lomba fotografi satwa liar ini memperebutkan piala Kepala SPTN Wilayah III Subaim.

“Kita tidak boleh mengganggu satwa tersebut, dalam mengambil foto kita juga harus sabar dan sebisa mungkin diam”, kata David, petugas Resort Ake Jawi yang juga sebagai ketua AJBC.

Hasil foto para peserta yang di ambil dari area bendungan kemudian dikumpulkan ke panitia lomba untuk di seleksi. Pemenang lomba foto yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus tersebut adalah:

  • Juara I : Dimas Adi Prayugo (SMK N 2 Haltim) dengan foto belalang
  • Juara II : Dwi Wulan Anggraini (SMP 10 Wasile) dengan foto kamuflase belalang
  • Juara III : Dhea Chahyani (SMP 10 Wasile) dengan foto siput
  • Juara Favorit : Anggi Purwiranto (SMK N 2 Haltim) dengan foto capung

“ini merupakan kegiatan yang positif untuk mengenalkan dan membuat tertarik para generasi muda agar mereka mencintai satwa liar dengan mendokumentasikannya di alam”, kata Junesly, Kepala SPTN Wilayah III Subaim.

Penyerahan hadiah dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 setelah pelaksanaan upacara bendera.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini