Aksi Bersih Pantai UPT KLHK Provinsi Papua Barat

Jumat, 16 Agustus 2019

Manokwari, 16 Agustus 2019 – Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (selaku Koordinator Wilayah UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi papua Barat) beserta seluruh UPT KLHK se-Papua Barat melakukan aksi bersih pantai. Ratusan pegawai UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Papua Barat tampak begitu bersemangat memungut sampah dan membersihkan pantai BLK Manokwari dan sekitarnya. Agenda bersih pantai ini merupakan salah satu rangkaian agenda dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 yang pada tahun ini mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Selain bersih pantai, juga telah dilaksanakan penanaman mangrove pada tanggal 7 Agustus yang lalu di Telaga Wasti – Sowi dan besok pagi 17 Agustus akan dilaksanakan Upacara Peringatan HUT RI Ke-74 di Lapangan SMK Kehutanan Manokwari.

Selain sebagai sarana memperkuat kebersamaan antar pegawai KLHK lingkup Provinsi Papua Barat, acara ini juga merupakan bukti nyata kepedulian para pegawai, adik-adik SMK Kehutanan dan masyarakat terhadap permasalahan sampah dan plastik di lingkungan sekitar khususnya kota Manokwari. Aksi bersih pantai ini dilakukan setelah sebelumnya seluruh pegawai melakukan senam bersama di lapangan SMK Kehutanan Manokwari. Dipandu oleh para instruktur berpengalaman, para peserta dengan penuh energi menirukan setiap gerakan yang dicontohkan.

Aksi bersih pantai ini mendapat respon positif dari para peserta. Fredy J. Hutapea (staf Balai LITBANG Manokwari) mengatakan “Aksi bersih pantai yang dilakukan para rimbawan merupakan aksi yang sangat positif bagi lingkungan. Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus berjalan di masa depan demi lingkungan yang lebih baik”. Lain halnya dengan Imam S. Hartanto (Kasubag DEPH BBTNTC) yang memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia “Sungguh sangat bangga bisa menjadi bagian acara ini karena kita semua baik dari Kementerian LHK, adik-adik SMK Kehutanan bahkan masyarakat sekitar bisa bersama-sama melakukan aksi kebaikan peduli lingkungan seperti ini. Saya berharap agenda seperti ini lebih sering dilakukan kedepannya. Apresiasi juga kepada panitia atas kerja kerasnya, meskipun waktunya mepet tapi agenda bisa terlaksana dengan baik.”

Selesai melakukan aksi bersih pantai, acara di lanjutkan dengan sesi foto bersama dan ramah tamah. Peserta disuguhi dengan hidangan sederhana namun menyehatkan berupa bubur kacang hijau sebagai minumannya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini