TN Kutai Tampilkan Stand dengan Konsep Bebas Plastik Dalam FTN & TWA 2019

Nusa Dua, 21 Juli 2019. Menuju Hari Konservasi  Alam Nasional Tahun 2019, Balai Taman Nasional Kutai  turut berpartisipasi dalam Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam (FTN & TWA) tahun 2019, yang digelar di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali tanggal 19-21 Juli 2019.

Dalam perhelatan tersebut, Taman nasional Kutai mengusung  tema konservasi  tumbuhan dan satwa liar dengan maskot orangutan yang merupakan flagship pengelolaan Taman Nasional Kutai. Melindungi  1 orangutan orangutan setara dengan melindungi  100 hektar kawasan konservasi/kawasan hutan. Orangutan merupakan satwa  pemakan buah dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk  bergerak  mencari makan dengan trayek lebih dari 1 km per hari. Karena perilaku tersebut orangutan dikenal sebagai penyebar biji yang sangat potensial. Berbeda denga jenis burung yang hanya menyebarkan biji-biji berukuran kecil.

Untuk lebih mendekatkan “Orangutan” bagi masyarakat , khususnya pengunjung FTN & TWA 2019, Stand TN Kutai membuat patung orangutan dengan ukuran yang sangat besar (tinggi 2.4 m). Mengusung  konsep bebas sampah plastik dan styrofoam,  sehingga tidak ada penggunaan bahan pameran yang berbahan plastik sekali pakai. Patung orangutan sebagai maskot orangutan, seluruhnya dibuat berbahan baku bambu, termasuk logo Taman Nasional Kutai dan ornament yang menjadi pelengkap dekorasi stand.

Melengkapi tujuan FTN & TWA 2019 secara umum yang berfokus pada ekowisata, konservasi alam, dan penghargaan budaya lokal, Taman Nasional Kutai menyediakan kostum tradisonal masyarakat Dayak Kalimantan Timur, yang dapat digunakan untuk  berfoto bersama “orangutan”  di Stand TN Kutai. Hal ini untuk menguatkan pesan bahwa peran masyarakat dan budaya lokal merupakan kunci keberhasilan dalam upaya konservasi di Indonesia.  Dan untuk menikmati suasana kekeluargaan saat berkunjung ke stand TN Kutai, sebagai tuan rumah TN Kutai menyediakan tempat untuk bersantai sambil minum kopi.

Partisipasi Taman Nasional Kutai dalam FTN & TWA 2019, didukung oleh Mitra Taman Nasional Kutai, sebuah bentuk kemitraan yang telah mendukung upaya pengelolaan Taman Nasional Kutai selama ¼ abad sejak tahun 1994. Mitra TN Kutai merupakan gabungan dari 10 korporasi yang terdapat di sekitar Taman Nasional Kutai dan yang berpartisipasi mendukung kegiatan TN kutai dalam FTN & TWA 2019 antara lain: PT. Indominco Mandiri, PT. Pertamina Ep Sangatta, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Badak NGL, PT. Pupuk Kaltim, PT. Surya Hutani Jaya, PT. Pama Persada Nusantara-Bontang, PT. Pama Persada Nusantara Sangatta dan PT. Kaltim Nitrate Indonesia. Selain dukungan dari Mitra TN Kutai, keikutsertaan TN Kutai dalam pelaksanaan Ftn 2019 juga didukung oleh tim kreatif dari  Baliwoso Ecotourism Camp, Desa Pengotan, Kabupaten Bangli.

Sumber: Balai TN Kutai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini