Pejasling Berbakat di Resort Tayawi TN Aketajawe Lolobata

Rabu, 19 Juni 2019

Sofifi, 19 Juni 2019. Pengelolaan Jasa Lingkungan Air Berbasis Pendekatan Masyarakat (Pejasling Berbakat) di Resort Tayawi TNAL adalah suatu proses kegiatan yang berorientasi peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui pemanfaatan Jasa Lingkungan Air. Program dan kegiatan ini merupakan Proyek Perubahan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Weda Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) pada Diklat PIM IV angkatan XXXI tahun 2019, yang merupakan implementasi dan aktualisasi dari salah satu tugas pokok dan fungsi Seksi pengelolaan Wilayah Taman Nasional berupa pengembangan dan pemanfaatan Jasa lingkungan.

Proyek ini memiliki tiga tujuan, pertama tujuan Jangka Pendek dengan terbangunnya kesepakatan bersama pengelolaan jasa lingkungan air antara Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan Masyarakat Suku Tobelo Dalam (ohogana manyawa) di Resort Tayawi. Yang kedua tujuan Jangka Menengah dengan terimplementasinya kesepakatan Pengelolaan Jasa Lingkungan Air antara Balai TNAL dan masyarakat Suku Tobelo Dalam di Resort Tayawi.  Dan ketiga dengan tersusunnya model kampung konservasi pengelolaan jasa lingkungan air di Resort Tayawi.

Program dan kegiatan ini mendapat respon dan dukungan dari Kepala Balai TNAL yaitu Bpk Muhammad Wahyudi , S.P, M.Sc yang sangat konsen dalam pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dukungan stakeholder terkait diantaranya internal Balai TNAL SPTN II dan III serta Ka.Sbtu, termasuk staf TNAL. Dukungan stakeholder eksternal meliputi pemerintah Daerah kota Tidore Kepulauan melalui Bepelitbangda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, Kph sinopa, Balai Pengelolaan Air Minum Maluku Utara Kementerian PUPR, Balai Dan Akemalamo, Desa Koli, Sanggar Wisata Alam Tayawi (Swat), dan mitra & NGO terkait lainnya. Dukungan stakeholder ini sangat besar dan positif terhadap proyek perubahan ini, terutama Pemkot Tidore Kepulauan.

Masyarakat suku Tobelo Dalam di resort Tayawi sangat senang dan menyambut baik proyek perubahan ini, dan berharap peran mereka terus ditingkatkan dalam pengelolaan Sumberdaya Alam Taman Nasional Aketajawe Lolobata dimasa masa mendatang.

Kepala SPTN I Weda H. Raduan, SH menyampaikan tetap konsen & komitmen terhadap tahapan proyek perubahan ini, karena menyangkut peningkatan peran masyarakat Suku Tobelo Dalam di resort Tayawi dan berharap stakeholder terkait terus membantu dalam melanjutkan dan mensukseskan Program dan kegiatan ini sebagai bagian dari tanggung jawab bersama dalam upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar TNAL. 

Sumber : Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini